DKI Akan Revitalisasi Kolong Semanggi, Bangun Terowongan Pesepeda

ADVERTISEMENT

DKI Akan Revitalisasi Kolong Semanggi, Bangun Terowongan Pesepeda

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 09 Sep 2022 13:24 WIB
Progres pembangunan taman di kolong Jembatan Semanggi mulai tampak. Meski belum sepenuhnya rampung sejumlah fasilitas telah dibangun di taman itu. Penasaran?
Foto: Kawasan Semanggi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta akan merevitalisasi jalur kolong Semanggi. Salah satu yang akan dibangun dalam revitalisasi kali ini ialah terowongan untuk pesepeda.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan konsep revitalisasi kolong Semanggi. Selain berbentuk terowongan, jalur sepeda juga akan dibangun di dalam putaran semanggi.

"Ada yang bentuknya terowongan untuk keselamatan pesepeda, ada juga dia paralel berada dalam kupingan Semanggi untuk turun ke Jalan Gatot Subroto biasanya muter itu, nah itu barengan dengan jalur. Disiapkan jalur pesepeda," kata Syafrin Liputo kepada wartawan, Jumat (9/9/2022).

Syafrin memandang selama ini fungsi kawasan Taman Semanggi kurang terekspos, bahkan tak ada akses untuk pesepeda. Karena itulah, pihaknya menyiapkan jalur sepeda yang bisa dimanfaatkan warga ke depannya.

"Sepeda menerus kemudian bisa masuk ke kawasan itu. Demikian pula halnya mengarah ke Jalan Gatot Subroto itu bisa turun di dalam kupingan Semanggi untuk masuk bergabung ke jalur sepeda yang ada di dalam kawasan," jelasnya.

Syafrin tak mengetahui secara rinci berapa dana yang dialokasikan untuk proyek revitalisasi ini. Yang jelas, dia memastikan proyek ini tak menggunakan APBD DKI, melainkan kewajiban pengembang melalui Surat Persetujuan Penunjukan Penggunaan Lokasi atau lahan (SP3L).

"Menggunakan dana SP3L dari kewajiban pengembang. Tapi saya lupa angkanya nih," ujar Syafrin.

Simak juga 'Saat Anies Baswedan Resmi Buka Festival Batavia Kota Tua':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT