PDIP Akan Usulkan 3 Nama Pj Gubernur Pengganti Anies, Ada Marullah Matali

ADVERTISEMENT

PDIP Akan Usulkan 3 Nama Pj Gubernur Pengganti Anies, Ada Marullah Matali

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 09 Sep 2022 10:07 WIB
Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono.
Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono (Foto: Dok. istimewa)
Jakarta -

Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta akan mengusulkan 3 nama calon Pj gubernur pengganti Anies Baswedan dalam Rapimgab mendatang. Satu dari tiga nama yang bakal diajukan ialah Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Marullah Matali.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan pihaknya menjaring calon Pj gubenur dari ASN internal maupun eksternal Pemprov DKI Jakarta. Untuk calon Pj gubernur dari ASN internal Pemprov DKI Jakarta kini sudah dikantongi PDIP.

"Sudah, kalau itu (Marullah) sudah," kata Gembong saat dihubungi, Jumat (9/9/2022). Gembong ditanyai soal Marullah Matali masuk dalam kandidat Pj Gubernur yang akan diusulkan PDIP.

"Kalau saya tinggal nyari dua," tambahnya.

Gembong menjelaskan alasan di balik fraksinya turut melihat kandidat potensial dari ASN di luar Pemprov DKI. Sebab, jika dilihat dari persyaratan administrasi hanya Marullah Matali selaku pejabat eselon I satu-satunya di Jakarta yang memenuhi syarat administrasi sebagai kandidat Pj gubernur.

"Secara administrasi Jakarta yang hanya memenuhi administrasi hanya satu orang. Sementara, kita diminta mengusulkan tiga nama calon Pj dari ASN yang memenuhi persyatan itu. Maka kita, mau tidak mau, katakanlah kita harus sepakati mendorong dari ASN di luar Jakarta," ujarnya.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta itu berharap sosok Pj gubernur pengganti Anies mampu menjaga harmonisasi antara eksekutif, legislatif maupun unsur forkopimda. Di samping itu, dia juga berharap Pj gubernur terpilih merupakan sosok eksekutor, khususnya dalam percepatan program di Jakarta.

"Ini menjadi penting supaya ketika ada eksekusi program percepatan bisa dilakukan dengan baik. Karena komunikasi dan koordinasi utuh," ucapnya.

Gembong mengaku tak ada kendala pembahasan usulan nama Pj gubernur di tingkat DPRD DKI. Dia juga meyakini saat ini masing-masing fraksi telah mengantongi kandidat Pj Gubernur pilihannya untuk di bawa ke forum resmi DPRD.

"Nggak ada kendala karena belum dilakukan rapimgab. Sehingga kita belum tahu petanya kayak apa, saya yakin, bahkan hakul yakin semua fraksi akan menyepakati dengan keterbatasan waktu maka kita segera sepakati aturan internal kita," imbuhnya.

Simak Video 'Tito Sebut 6 Calon PJ Gubernur DKI Pengganti Anies: 3 DPRD, 3 Kemendagri':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT