Fraksi Golkar MPR Masih Dalami soal Bentuk Hukum PPHN

ADVERTISEMENT

Fraksi Golkar MPR Masih Dalami soal Bentuk Hukum PPHN

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 08 Sep 2022 21:33 WIB
Ketua MPR Bamsoet
Bamsoet (Foto: MPR)
Jakarta -

Penasihat Fraksi Partai Golkar MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan sejauh ini Fraksi Partai Golkar belum menentukan sikap terkait dengan rencana pembentukan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN). Menurut Bamsoet, saat ini seluruh fraksi di MPR masih saling menyampaikan pandangan terkait bentuk hukum PPHN.

Bamsoet mengatakan sikap Fraksi Golkar dan yang lainnya akan disampaikan dan diambil keputusan di sidang paripurna MPR RI.

"Kalau kita sendiri belum memutuskan apa yang menjadi sikap Fraksi Partai Golkar dan itu akan disampaikan ketika akan menyampaikan pandangan fraksi di sidang paripurna," kata Bamsoet kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Bamsoet memastikan Fraksi Golkar sudah mengambil sikap terkait bentuk hukum PPHN itu sebelum rapat paripurna MPR digelar pada awal Oktober.

"Sebelum paripurna, paripurna 3 Oktober. Ya kami mendukung kebijakan dari pimpinan MPR," ujarnya.

Senada, Ketua Fraksi Golkar MPR Idris Laena menyampaikan pihaknya masih terus mendalami soal bentuk hukum PPHN. Idris mengatakan Fraksi Golkar masih terus menampung masukan terkait bentuk hukum yang mendasari terbentuknya PPHN-dulu disebut Garis Besar Haluan Negara atau GBHN.

"Insyaallah akan diselenggarakan dalam rapur, maka hari ini Fraksi Partai Golkar merasa perlu mendapatkan masukan, yang dihadiri Bapak Bambang Soesatyo, tentu dalam hal ini kapasitas beliau sebagai penasihat Fraksi Partai Golkar MPR," kata Idris dalam kesempatan yang sama.

"Diskusi, banyak masukan kami terima dan akan menentukan bagaimana pandangan Fraksi Partai Golkar terhadap Pokok-Pokok Haluan Negara yang Insyaallah akan diputuskan nanti," imbuhnya.

Idris menyebut masukan-masukan yang dipertimbangkan Fraksi Golkar MPR terkait bentuk hukum PPHN itu berasal baik dari pihak internal dan eksternal.

"Belum (menentukan sikap). Kita baru dengerin orang-orang ahli, termasuk dari penasihat termasuk Pak Adies sebagai Sekretaris Fraksi di DPR, Pak Bambang Soesatyo Ketua MPR. Kita dengarkan semua masukan nanti kita kompilasi jadi kebijakan Partai Golkar," katanya.

(fca/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT