KSAL: Pesawat Bonanza Baru Selesai Pemeliharaan, Jam Terbang Masih Banyak

ADVERTISEMENT

KSAL: Pesawat Bonanza Baru Selesai Pemeliharaan, Jam Terbang Masih Banyak

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 08 Sep 2022 19:31 WIB
KSAL Laksamana Yudo Margono Jumpa Pers soal Jatuhnya Jatuh Pesawat Bonanza
KSAL Laksamana Yudo Margono (Farih/detikcom)
Jakarta -

KSAL Laksamana Yudo Margono menyebut pesawat latih TNI AL jenis G-36 Bonanza T-2503 yang jatuh di Selat Madura masih layak terbang. Pesawat tersebut baru selesai pemeliharaan berkala bulan lalu.

"Pesawat itu baru selesai harla (pemeliharaan berkala) Agustus lalu, karena itu pemeliharaan berkala," kata Yudo kepada wartawan di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022).

"Jam terbangnya masih cukup banyak 190 jam terbang," tambahnya.

Yudo mengatakan investigasi penyebab jatuhnya pesawat itu akan dilakukan secara menyeluruh. Termasuk investigasi terkait pemeliharaan berkala (harla) pesawat tersebut.

"Kalau nanti hasilnya dari Irjenal menyatakan harlanya tidak benar ya harus kita evaluasi, harus begini, begini. Tentunya dari hasil investigasi itu nanti akan muncul semuanya, kalau memang harlanya kemarin tidak benar, ya tentunya akan menjadi temuan bahwa harlanya tidak benar," ucapnya.

Yudo mengatakan dalam investigasi penyebab jatuhnya pesawat Bonanza juga akan melibatkan para senior yang kompeten.

"Saya kira dengan Irjenal kemudian dari Puspenerbal, ya nanti tentunya dari insan penerbangan angkatan laut kita libatkan, para senior-senior yang dulu pernah menjabat di situ juga bisa kita libatkan," ujarnya.

Pesawat Ditemukan Tidak Utuh

Yudo mengungkap kondisi pesawat Bonanza dalam keadaan rusak usai jatuh di Selat Madura. Menurutnya, pintu pesawat ditemukan terpisah dengan bangkai pesawat yang tenggelam ke dasar laut.

"Namanya jatuh di laut nggak mungkin utuh, pasti rusak, ada yang lepas dan sebagainya. Pintunya kemarin ditemukan awal, begitu jatuh didatangi, KRI-nya langsung menuju ke posisi itu ditemukan pintu dan headset dan perlengkapan lain yang lepas. Tapi saat diangkat ada bentuknya pesawat," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, pesawat latih TNI AL terjatuh di Selat Madura, Jatim. Pesawat yang terjatuh berjenis G-36 Bonanza T-2503 milik TNI AL. Pesawat terjatuh di Selat Madura, yang merupakan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

Pesawat ini mengalami kecelakaan saat melakukan latihan. Belum diketahui penyebab kecelakaan ini.

"Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat konvoi KRI melaksanakan latihan Anti Serangan Udara (Air Defense Exercise), dalam hal ini Bonanza berperan sebagai penyerang," kata kata Kadispenal Laksma Julius Widjojono dalam keterangannya, Rabu (7/9).

Lihat Video: KSAL Ungkap Bonanza T-2503 Sudah Ditemukan Usai Terjatuh, Tapi...

[Gambas:Video 20detik]



(fas/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT