Hari Olahraga Nasional Jatuh pada Tanggal Berapa? Cek di Sini

ADVERTISEMENT

Hari Olahraga Nasional Jatuh pada Tanggal Berapa? Cek di Sini

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Kamis, 08 Sep 2022 16:56 WIB
Hari Olahraga Nasional Jatuh pada Tanggal Berapa? Cek di Sini
Hari Olahraga Nasional Jatuh pada Tanggal Berapa? Cek di Sini | Foto: kemenpora.go.id
Jakarta -

Hari Olahraga Nasional jatuh pada tanggal 9 September. Peringatan Hari Olahraga Nasional atau Haornas tentunya memiliki sejarah dan maknanya sendiri.

Pada tahun ini, Hari Olahraga Nasional 2022 adalah peringatan Haornas yang ke-39 tahun. Lalu, bagaimana sejarah Hari Olahraga Nasional? Seperti apa logo dan tema peringatan Haornas 2022? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Sejarah Hari Olahraga Nasional Jatuh pada Tanggal 9 September

Dilansir situs Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, sejarah Hari Olahraga Nasional bermula dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I di Surakarta, Jawa Tengah pada 9-12 September 1948. Saat itu, kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia masih belum diakui penuh oleh masyarakat dunia serta paspor Indonesia masih belum diakui oleh Pemerintah Inggris. Sehingga, para atlet Indonesia tidak dapat mengikuti kompetisi dunia Olimpiade XIV/1948 di kota London, Inggris.

Para atlet Indonesia dapat mengikuti kompetisi asalkan menggunakan paspor Belanda. Namun, para atlet Tanah Air menolak dan bersikeras hanya akan hadir di Olimpiade jika mewakili Indonesia.

Maka dari itu, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi olahraga di dalam negeri yang dikenal sebagai Pekan Olahraga Nasional (PON). Penyelenggaraan PON adalah bukti kepada dunia internasional bahwa Indonesia yang baru merdeka mampu menyelenggarakan kegiatan olahraga skala nasional.

Pada 9 September 1948 ajang olahraga pasca kemerdekaan Indonesia itu dibuka secara resmi. Kemudian, tanggal 9 September 1948 ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Hari Olahraga Nasional Jatuh pada Tanggal Berapa? Cek di SiniHari Olahraga Nasional Jatuh pada Tanggal 9 September 2022 | Foto: kemenpora.go.id

Logo dan Tema Hari Olahraga Nasional Jatuh pada Tanggal 9 September 2022

Untuk tahun ini Hari Olahraga Nasional jatuh pada tanggal 9 September 2022, bertepatan pada hari Jumat. Peringatan Haornas 2022 ini adalah peringatan yang ke-39 tahun. Dilansir situs Kemenpora, tema Hari Olahraga Nasional 2022 adalah "Bersama Cetak Juara".

Sementara, logo Hari Olahraga Nasional 2022 dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Adapun makna dari logo tersebut adalah:

  • Berbagai paduan warna merupakan simbol kolaborasi berbagai pihak sebagai kunci suksesnya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pada tahun 2022.
  • Gambar Sayap Garuda merupakan ikon Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur tempat pelaksanaan puncak acara Haornas tahun 202

Logo dan Tema Hari Olahraga Nasional Jatuh pada Tanggal 9 September 2022Logo dan Tema Hari Olahraga Nasional Jatuh pada Tanggal 9 September 2022 | Foto: kemenpora.go.id

Pedoman Pelaksanaan Hari Olahraga Nasional ke-39 Tahun 2022

Dalam rangka memperingati Haornas tahun ini, Kemenpora juga telah menerbitkan pedoman pelaksanaan Hari Olahraga Nasional yang ke-39 tahun 2022. Berikut tahap pelaksanaan Haornas tahun 2022:

  • Pelaksanaan kegiatan Pra-Haornas untuk menyambut Haornas ke-39 tahun 2022 dalam bentuk-bentuk seperti seminar, workshop, pameran dan lain-lain.
  • Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Haornas ke-39 tahun 2022 secara serentak dan terpadu pada tanggal 9 September 2022.
  • Puncak Acara Peringatan Haornas ke-39 tahun 2022 dilaksanakan di Stadion Sepakbola "Batakan" Balikpapan, Kalimantan Timur pada tanggal 9 September 2022, pukul 20.00-22.00 WITA.

Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19 maka seluruh rangkaian acara kegiatan Haornas ke-39 tahun 2022 diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta disesuaikan kapasitas lapangan. Peserta lainnya dapat mengikuti kegiatan melalui media televisi maupun media online Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Selamat Hari Olahraga Nasional jatuh pada tanggal 9 September. Semoga bermanfaat!

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT