Hari Olahraga Nasional 2022: Logo dan Sejarah Peringatannya

ADVERTISEMENT

Hari Olahraga Nasional 2022: Logo dan Sejarah Peringatannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Kamis, 01 Sep 2022 20:52 WIB
Hari Olahraga Nasional termasuk dalam peringatan penting bulan September 2022. Hari Olahraga Nasional diperingati pada tanggal 9 September setiap tahunnya.
Hari Olahraga Nasional 2022: Logo dan Sejarah Peringatannya (Foto: kemenpora.go.id)
Jakarta -

Hari Olahraga Nasional termasuk dalam peringatan penting di bulan September 2022. Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati pada tanggal 9 September setiap tahunnya.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga telah menerbitkan logo untuk Haornas 2022. Simak pula sejarah Haornas di bawah ini.

Logo Hari Olahraga Nasional 2022

Dilansir situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), logo Hari Olahraga Nasional 2022 dapat diunduh di sini. Dalam logo tersebut, terdapat slogan "Hari Olahraga Nasional 2022: Bersama Cetak Juara". Di bawah ini juga terlampir spanduk Hari Olahraga Nasional 2022.

Hari Olahraga Nasional termasuk dalam peringatan penting bulan September 2022. Hari Olahraga Nasional diperingati pada tanggal 9 September setiap tahunnya.Hari Olahraga Nasional diperingati pada tanggal 9 September setiap tahunnya. Ini adalah tampilan spanduk Hari Olahraga Nasional 2022 (Foto: https://www.kemenpora.go.id/)

Sejarah Hari Olahraga Nasional

Mengutip dari laman resmi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, Hari Olahraga Nasional bermula dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I di Surakarta, Jawa Tengah pada 9 - 12 September 1948. Saat itu, kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia masih belum diakui penuh oleh masyarakat dunia serta paspor Indonesia masih tidak diakui oleh Pemerintah Inggris. Sehingga, para atlet Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi dunia Olimpiade XIV/1948 di kota London, Inggris.

Para atlet Indonesia bisa mengikuti kompetisi asalkan menggunakan paspor Belanda. Namun, para atlet Tanah Air menolak dan bersikeras hanya akan hadir di Olimpiade jika mewakili Indonesia.

Oleh karena itu, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi olahraga di dalam negeri yang dikenal sebagai Pekan Olahraga Nasional. Penyelenggaraan PON adalah bukti kepada dunia internasional bahwa Indonesia yang baru merdeka mampu menyelenggarakan kegiatan olahraga skala nasional.

Ajang olahraga pasca kemerdekaan Indonesia tersebut dibuka secara resmi pada tanggal 9 September 1948. Kemudian, tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional.

Link Download Spanduk, Baliho, dan Umbul-umbul Haornas 2022

Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional 2022, Kemenpora juga telah mengedarkan spanduk, baliho, dan umbul-umbul Haornas 2022. Berikut link downloadnya.

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT