Surya Darmadi Didakwa Rugikan Negara Rp 86 T: Saya Tidak Korupsi!

ADVERTISEMENT

Surya Darmadi Didakwa Rugikan Negara Rp 86 T: Saya Tidak Korupsi!

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 08 Sep 2022 13:27 WIB
Surya Darmadi usai Sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta
Surya Darmadi usai Sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Terdakwa Surya Darmadi didakwa merugikan negara senilai Rp 86 triliun terkait kasus dugaan korupsi lahan sawit PT Duta Palma di Kabupaten Indragiri Hulu. Surya Darmadi membantah itu dan menyatakan dirinya tidak melakukan korupsi.

"Saya tidak korupsi! Saya dituduh korupsi, lahan saya sudah ada HGU (hak guna usaha), ada izin. Saya minta keadilan bahwa saya ada HGU, saya kena kredit dari Bank BNI," kata Surya Darmadi dengan nada tinggi usai sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (8/9/2022).

Surya Darmadi dengan tegas menolak dakwaan jaksa penuntut umum. Dia mengaku hampir setengah gila karena didakwa rugikan negara puluhan triliun sedangkan kebun sawit yang dimilikinya itu nilainya hanya Rp 4 triliun.

"Saya tolak (dakwaan jaksa), kebun saya cuma Rp 4 triliun, didenda Rp 78 triliun, terus Rp 104 triliun, kemudian dakwaan Rp 73,9 triliun saya angkanya, saya setengah gila, Pak!" kata Surya.

"Saya tidak mengerti naik turun, naik turun, kan tidak benar, kan kebun cuman Rp 4 triliun, didenda Rp 78 triliun, Rp 104 triliun, kemudian sekarang dakwaan 70-an," ucap Surya.

Dia pun tidak terima rekening perusahaannya diblokir oleh jaksa. Dia menyebut ada 23 ribu karyawannya yang belum digaji.

"Saya punya perusahaan rekening diblokir, karyawan semua tidak bisa bergaji ya, tidak ada bijak, 23 ribu sampai hari ini rekening saya semua diblokir, di luar kebun juga diblokir," kata Surya.

Tak hanya itu, kata Surya, hotel dan semua kapalnya juga diblokir oleh jaksa. Dia menuding hal itu dilakukan jaksa untuk menghancurkan perusahaannya.

"Hotel, properti ya, kapal semua diblokir," kata Surya.

"(Itu dilakukan) mau menghancurkan perusahaan saya!" sahut Surya dengan nada tinggi.

Simak video 'Surya Darmadi Didakwa Rugikan Negara Rp 86,5 Triliun!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT