Wapres Ma'ruf Amin Olahraga dan Tinjau Jakabaring Sport City

ADVERTISEMENT

Wapres Ma'ruf Amin Olahraga dan Tinjau Jakabaring Sport City

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 07 Sep 2022 11:22 WIB
Wapres Maruf Amin dan Rombongan Olahraga di JSC
Wapres Ma'ruf Amin dan Rombongan Olahraga di JSC (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berolahraga pagi di kawasan Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan. Sambil berolahraga, Ma'ruf meninjau kawasan JSC.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (7/9/2022) Ma'ruf berolahraga didampingi sang istri Wury Ma'ruf Amin. Olahraga dimulai dengan lebih dulu melakukan pemanasan.

Ma'ruf beserta istri dan rombongan tampak berjalan mengelilingi kawasan JSC. Ma'ruf kemudian meninjau Stadion Gelora Sriwijaya.

Saat beristirahat di Stadion Gelora Sriwijaya, Ma'ruf sempat berdialog dengan Direktur Utama PT JSC Meina Paloh terkait pengelolaan dan pengembangan JSC. Ma'ruf mendorong agar venue-venue olahraga yang pernah digunakan untuk penyelenggaraan event besar baik tingkat nasional maupun internasional dapat terus produktif.

"Venue-venue seperti Jakabaring (Asian Games 2018) dan yang di Papua (PON 2021) kemarin bagaimana dia bisa memainkan fasilitas yang ada agar tetap terpelihara dan digunakan untuk event-event dalam rangka untuk peningkatan prestasi olahraga," ujar Ma'ruf Amin.

Pola pemanfaatan venue olahraga yang cukup baik itu, kata Ma'ruf, diharapkan dapat menjadi role model bagi venue-venue olahraga yang lain.

"Ini yang kita harapkan memang pengelolaan fasilitas olahraga sesudah event nasional dan internasional di daerah tetap terpelihara dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Meina menuturkan terkait pengelolaan JSC yang saat ini tidak lagi menggunakan dana APBD. Meina menyebut pengelolaan JSC memanfaatkan venue-venue yang ada, baik untuk pertandingan olahraga maupun acara-acara lain.

"Jadi JSC dimanfaatkan tidak hanya untuk kegiatan olahraga, tetapi juga kegiatan lain, seperti konser musik, pertunjukan seni, pertemuan akbar, serta pesta pernikahan," ujar Meina.

Lebih jauh Meina mengungkapkan biaya operasional pengelolaan JSC yang luasnya 325 hektare mencapai Rp 2,5 miliar setiap bulan. Karena itu, dia berharap berbagai stakeholder, seperti pemerintah daerah dan pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, terus saling mendukung dalam pengelolaan JSC.

"Kami perlu dukungan untuk saling sinergi. Karena kalau kita bicara (misalnya) hanya mengandalkan bantuan APBD daerah cukup kecil, sehingga perlu juga dukungan dari pemerintah pusat," ucapnya.

Tidak hanya itu, Meina juga mengharapkan bantuan dari pemerintah pusat untuk perapian venue-venue sebagai infrastruktur utama yang memerlukan pembiayaan besar.

"Kemudian untuk beberapa venue yang jarang digunakan seperti panjat tebing dan dayung, mohon pemerintah pusat dapat mengarahkan atlet-atlet nasional untuk latihan di JSC," imbuhnya.

Selain Wury Ma'ruf Amin, turut mendampingi Ma'ruf dalam kesempatan ini Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma.

Simak juga 'Ma'ruf Amin: Kalau Dulu Jihad Menghadapi Musuh, Kini Kita Jihad Ekonomi':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT