UI: Pembentukan Satgas dan Peraturan Rektor tentang PPKS Masih Berproses

ADVERTISEMENT

UI: Pembentukan Satgas dan Peraturan Rektor tentang PPKS Masih Berproses

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 15:13 WIB
Bendera Merah Putih Raksasa di Gedung Rektorat UI
Rektorat UI (Dok. Universitas Indonesia)
Jakarta -

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) mengecam kampus sendiri karena belum punya Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) serta Peraturan Rektor tentang PPKS, meski usia Peraturan Menteri tentang PPKS sudah setahun. Pihak rektorat UI menjawab kecaman mahasiswanya.

"UI telah membentuk Panitia Seleksi Satuan Tugas PPKS, dan saat ini Panitia Seleksi sedang menjalankan tugasnya," kata Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia, kepada detikcom, Senin (5/9/2022).

Pansel Satgas PPKS sudah terbentuk. Pengumuman kelulusan pelatihan dan seleksi calon pansel telah diumumkan Kemendikbudristek. Untuk UI, periode pelatihannya adalah sejak Juni 2022, bersama banyak perguruan tinggi lainnya. Banyak pula kampus yang tanggalnya lebih akhir ketimbang UI. Lantas bagaimana soal Peraturan Rektor tentang PPKS? Itu menjadi salah satu sorotan mahasiswa UI.

"UI juga telah berproses mengidentifikasi berbagai Peraturan Rektor yang perlu disusun sebagai implementasi peraturan tersebut," kata Amelita.

Amelita menjelaskan penyusunan Peraturan Rektor tentang PPKS perlu berhati-hati karena sudah terbit UU Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS). Juga, kata Amelita, akan terbit revisi Buku Pedoman Pelaksanaan Peraturan Mendikbudristek tentang PPKS itu. Mahasiswa akan dilibatkan pula dalam menyusun pelbagai peraturan turunan dari Permen PPKS itu.

"Akan dilibatkan berbagai unit kerja yang terkait maupun Satgas PPKS yang anggotanya terdiri dari unsur dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, dengan perimbangan gender yang sesuai," kata Amelita.

Selanjutnya, pernyataan mahasiswa UI:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT