Bertemu Presiden Filipina, Jokowi Ucapkan Dukacita atas Wafatnya Fidel Ramos

ADVERTISEMENT

Bertemu Presiden Filipina, Jokowi Ucapkan Dukacita atas Wafatnya Fidel Ramos

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 12:08 WIB
Momen Pertemuan Jokowi dan Ferdinand Marcos Jr
Momen Pertemuan Jokowi dan Ferdinand Marcos Jr (Dok. YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Jokowi menyampaikan ucapan dukacita atas meninggalnya Presiden Filipina ke-12 Fidel Ramos.

"Saya juga ingin menyampaikan dukacita atas wafatnya mantan Presiden Filipina ke-12, Yang Mulia Bapak Fidel Ramos, bulan Juli lalu," kata Jokowi dalam sambutan pembuka di pertemuan bilateral Indonesia-Filipina seperti dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (5/9/2022).

Jokowi merasa terhormat Indonesia menjadi negara yang pertama dikunjungi Marcos Jr. Jokowi mengatakan hal itu menjadi penegasan hubungan bilateral di antara kedua negara.

"Saya percaya hubungan kedua negara Indonesia dan Filipina akan semakin erat," ujar Jokowi.

Kesan Marcos Jr di Indonesia

Dalam kesempatan itu, Marcos Jr menjelaskan alasan Indonesia menjadi negara yang pertama dikunjungi dalam masa pemerintahannya. Marcos Jr berbicara mengenai kedekatan budaya Indonesia dan Filipina.

"Saya memilih Indonesia, Jakarta, sebagai kunjungan pertama dalam masa kepresidenan saya karena sejumlah alasan. Salah satu di antaranya adalah karena kita dekat, tidak hanya secara geografi, tetapi juga dekat dalam budaya dan etnis," ujar Marcos Jr.

Marcos Jr juga menekankan mengenai pentingnya membangun kebersamaan di kawasan. Dia ingin hubungan Filipina dan Indonesia terus dipererat.

Selain itu, Marcos Jr menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari Jokowi. Dia merasa seperti berada di rumah.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan Presiden Jokowi atas keramahannya. Walaupun ini pertama kali saya ke Jakarta, kita melihat-lihat sekeliling dan terasa seperti di rumah," ujar Marcos Jr.

Lihat juga video 'Ditutup Pemerintah Duterte, Kantor Berita Rappler Tetap Bekerja':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT