Ini Alasan Pemprov DKI Rombak Susunan Direksi dan Komisaris TransJakarta

ADVERTISEMENT

Ini Alasan Pemprov DKI Rombak Susunan Direksi dan Komisaris TransJakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 04 Sep 2022 17:48 WIB
Sopir TransJakarta dipukul oleh seorang pengendara mobil di Ciputat, Tangerang Selatan. Peristiwa itu direkam oleh penumpang bus TransJakarta dan viral.
Bus TransJakarta (Foto: Getty Images/holgs)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mengganti 2 posisi direktur di PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) dan menambah susunan komisaris. Plt Kepala BP BUMD DKI Jakarta Fitria Rahadiani mengatakan perombakan dilakukan untuk pengembangan bisnis serta penyegaran.

"Merupakan bagian dari upaya dan strategi yang dilakukan para pemegang saham untuk melakukan penyegaran dalam jajaran pengurus PT Transportasi Jakarta, sehingga diharapkan Transportasi Jakarta dapat berperan maksimal baik dalam memberikan pelayanan transportasi umum kepada masyarakat dan pengembangan bisnis Transportasi Jakarta," kata Fitria dalam keterangan tertulis, Minggu (4/9/2022).

Fitria memastikan pergantian direksi sudah sesuai dengan ketentuan berlaku, di mana Pemprov DKI Jakarta sebagai pemegang saham mayoritas dan PT JakPro sebagai pemegang saham minoritas pada PT Transportasi Jakarta. Jadi Pemprov mempunyai kewenangan dalam memutuskan pengangkatan dan pemberhentian dan pengangkatan Direktur maupun Komisaris Perseroan.

"Semoga pengurus PT Transportasi Jakarta yang baru mampu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab," ujarnya.

Fitria mengakui kondisi pandemi COVID-19 pada 2020 mempengaruhi kinerja PT TransJakarta dari segi operasional hingga keuangan. Karena itu, dia berharap melalui pengangkatan dua direktur baru dapat ditangkap peluang sumber pendapatan lainnya di luar tiket, sekaligus bekerja beriringan dengan stakeholder dalam meningkatkan pelayanan masyarakat.

"Perseroan tetap memberikan pelayanan transportasi umum yang sesuai SPM kepada masyarakat dan juga upaya dalam hal efisiensi biaya dan inovasi-inovasi untuk meningkatkan pendapatan," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta merombak direksi TransJakarta. Direktur Keuangan dan Perencanaan Korporasi Welfizon Yuza serta Direktur Pelayanan dan Pengembangan Achmad Izzul Waro dicopot dari jabatannya.

Kini posisi Direktur Pelayanan dan Pengembangan diemban oleh Lies Permana Lestari. Sedangkan Direktur Keuangan dan Perencanaan Korporasi dijabat oleh Saidu Solihin.

Berikut susunan lengkap direksi serta komisaris TransJakarta:

Komisaris PT TransJakarta:

Komisaris Utama: Sudirman Said
Komisaris: Syafi'i
Komisaris: Rustam Effendi
Komisaris: A. Fatoni (komisaris baru)
Komisaris: Muh Mashuri Masyhuda (komisaris baru)

Direksi TransJakarta:

Direktur Utama: M Yana Aditya
Direktur Teknik dan Digital: Mohammad Indrayana
Direktur Operasi dan Keselamatan: Yoga Adiwinarto
Direktur Keuangan dan Perencanaan Korporasi: Saidu Solihin (direktur baru)
Direktur Pelayanan dan Pengembangan: Lies Permana Lestari (direktur baru)

Lihat juga Video: Bus TransJakarta Tersangkut di Jembatan Matraman hingga Keluarkan Asap

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT