Duduk Perkara Pasutri Niat Beri Tumpangan Malah Dikira Culik Siswi

ADVERTISEMENT

Duduk Perkara Pasutri Niat Beri Tumpangan Malah Dikira Culik Siswi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 03 Sep 2022 21:12 WIB
Pom TNI AU menangkap pelaku percobaan penculikan siswi SMP di Jakarta Timur yang viral di medsos. Dua pelaku ditangkap ternyata pasangan suami-istri (pasutri). (Tangkapan layar video viral)
Pom TNI AU menangkap terduga pelaku percobaan penculikan siswi SMP di Jakarta Timur yang viral di medsos. Dua pelaku ditangkap ternyata pasangan suami-istri (pasutri). (Tangkapan layar video viral)
Jakarta -

Kabar viral siswi SMP menjadi korban percobaan penculikan di kawasan Halim Perdanakusuma, Makasar, Jakarta Timur, membuat geger. Pelaku disebut-sebut tiga orang naik mobil berpelat 'Mabes TNI'.

Kabar ini membuat Satpom Lanud Halim Perdanakusuma turun tangan dan mengamankan terduga pelaku di Jl Hercules, pada Rabu (31/8). Terduga pelaku disebutkan pasangan suami istri kemudian diserahkan ke pihak kepolisian.

Belakangan dari hasil pemeriksaan, polisi menyatakan tidak ada peristiwa penculikan. Pasangan suami istri tersebut berniat memberikan tumpangan kepada siswi tersebut.

Berikut duduk perkara pasutri yang diviralkan melakukan penculikan yang dirangkum sebagai berikut:

Viral di Media Sosial

Peristiwa ini viral di media sosial. Dalam video yang beredar, terlihat sebuah mobil berpelat merah berhenti, kemudian seorang perempuan menawarkan tumpangan kepada dua anak perempuan di pinggir jalan.

"Nggak apa-apa, yuk," ujar seorang perempuan dari dalam mobil, seperti dilihat dari video yang beredar, Kamis (1/9).

Dalam video lainnya, disebutkan bahwa pelaku sudah ditangkap. Dari video tersebut, terlihat mobil yang disebut sebagai penculik adalah Suzuki APV berpelat merah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan adanya kejadian tersebut. Peristiwa itu terjadi pada Rabu (31/8), sekitar pukul 11.30 WIB.

"Iya, infonya percobaan penculikan," kata Zulpan saat dihubungi detikcom, Kamis (1/9).

Berdasarkan laporan awal yang diterima pihak kepolisian, korban mulanya ditawari diantarkan pulang oleh pelaku yang terdiri atas seorang perempuan dan dua laki-laki. Korban sempat menolak, namun ditarik paksa masuk ke dalam mobil.

"Tetapi korban kemudian berteriak, sehingga dia bisa menyelamatkan diri dan pelaku kabur," katanya.

Terduga Pelaku Ditangkap POM AU

Kejadian ini membuat POM AU turun tangan. Satuan Polisi Militer (Satpomau) Lanud Halim Perdanakusuma mengamankan terduga pelaku yang merupakan pasangan suami istri S (58) dan A (48).

"Satpomau Lanud Halim Perdanakusuma telah mengamankan terduga pelaku yang merupakan pasangan suami-istri inisial S dan H," kata Kadispenau Marsma Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/9/2022).

Pasutri tersebut diamankan pada Kamis (1/9). Satpomau Lanud Halim Perdanakusuma juga berkoordinasi dengan polisi dalam penanganan kasus ini.

Baca di halaman selanjutnya: polisi nyatakan tak ada peristiwa penculikan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT