6 Hal Soal Bentrok Mahasiswa Universitas Pancasila, Cek di Sini

ADVERTISEMENT

6 Hal Soal Bentrok Mahasiswa Universitas Pancasila, Cek di Sini

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Sabtu, 03 Sep 2022 13:47 WIB
Bentrok mahasiswa Universitas Pancasila terjadi pada Kamis (1/9/2022) malam. Aksi bentrokan tersebut melibatkan dua kelompok mahasiswa Universitas Pancasila.
6 Hal Soal Bentrok Mahasiswa Universitas Pancasila, Cek di Sini (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Bentrok mahasiswa Universitas Pancasila terjadi pada Kamis (1/9/2022) malam hari. Aksi bentrokan tersebut melibatkan dua kelompok mahasiswa Universitas Pancasila yang berasal dari Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik.

Lantas, apa penyebab terjadinya bentrokan antarmahasiswa tersebut? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Lokasi Bentrok Mahasiswa Universitas Pancasila

Dua kelompok mahasiswa Universitas Pancasila (UP) terlibat bentrok di area kampus Universitas Pancasila, Jalan Raya Lenteng Agung, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Kamis (1/9/2022) malam. Bentrokan yang melibatkan mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik Universitas Pancasila.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden bentrokan tersebut. Peristiwa tersebut membuat jajaran polisi turun ke lokasi kejadian.

Bentrok mahasiswa Universitas Pancasila terjadi pada Kamis (1/9/2022) malam. Aksi bentrokan tersebut melibatkan dua kelompok mahasiswa Universitas Pancasila.Bentrok mahasiswa Universitas Pancasila terjadi pada Kamis (1/9/2022) malam. Polisi pun bersiaga usai meredam bentrokan tersebut. (Foto: dok. Polisi)

Polisi Bubarkan Bentrokan Mahasiswa UP

Jajaran Polres Metro Jakarta Selatan dan Polsek Pasar Minggu turun tangan untuk meredam bentrokan di lokasi kejadian. Mereka juga dibantu oleh Pembantu Rektor Universitas Pancasila.

"Sudah kita diredam, saya dengan anggota sudah di lokasi bersama purek (pembantu rektor)," kata Plt Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Yandri Irsan, dikutip detikcom, Sabtu (3/9/2022).

Penyebab Bentrokan Mahasiswa Universitas Pancasila: Urusan Helm Motor

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan pemicu bentrokan mahasiswa Universitas Pancasila. Kejadian itu berawal dari perselisihan pribadi antara mahasiswa Fakultas Teknik dan mahasiswa Fakultas Hukum soal helm motor.

"Awalnya ada mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik sedang nongkrong bareng di kampus UP, kemudian anak Fakultas Teknik ini pinjam motor anak Fakultas Hukum," kata Zulpan, dikutip detikcom, Sabtu (3/9/2022).

Selesai dipinjam, motor tersebut dikembalikan ke si pemilik. Namun, peminjam mengembalikan motor itu tanpa disertai helmnya.

"Kemudian ditanyakan 'helmnya mana?' dijawab 'ambil aja helmnya sendiri kalau berani di Teknik'," ungkap Zulpan.

Pengeroyokan Berlanjut Bentrok

Setelah kejadian itu, terjadi pengeroyokan terhadap korban. Korban mengalami luka-luka di sekujur tubuhnya.

"Korban mengalami luka sakit kepala, mata memar, tulang ekor sakit, sakit leher, dengan cara dipukul dan ditendang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

Peristiwa tersebut akhirnya memicu adanya bentrokan antarmahasiswa di Universitas Pancasila. Bentrokan terjadi pada Kamis (1/9) sekitar pukul 20.00 WIB.

"Kemudian terjadi keributan kembali di dalam kampus Universitas Pancasila antara mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik," ungkap Zulpan.

Pihak Universitas Pancasila Buka Suara Soal Bentrokan Mahasiswa

Pihak Universitas Pancasila buka suara soal bentrokan mahasiswa UP. Hal tersebut terjadi karena kesalahpahaman antarmahasiswa.

"Semalam tidak ada tawuran, hanya ada kesalahpahaman," kata Kabiro Humas & Ventura Universitas Pancasila, Putri Langka, dikutip detikcom, Sabtu ((3/9/2022).

Putri menjelaskan kesalahpahaman yang dimaksud adalah soal helm. Salah satu mahasiswa menduga helmnya diambil, namun akhirnya ditemukan.

"Sempat ada mahasiswa yang diduga 'mengambil helm', rupanya bukan mengambil tapi terambil karena bentuknya sama. Akhirnya diketahui bahwa helm keduanya ada dan tidak ada yang hilang, akhirnya reda semua ketegangan," jelas Putri.

Putri melanjutkan bahwa kesalahpahaman antarmahasiswa itu sudah selesai. Polisi juga sengaja diundang untuk menjaga situasi agar tetap kondusif.

"Polisi kita undang untuk jaga situasi tetap kondusif dan mahasiswa sudah pulang ke rumah masing-masing dan permasalahan sudah selesai," ujar Putri.

Kasus Bentrokan Diselesaikan Internal Kampus

Bentrok mahasiswa Universitas Pancasila telah diselesaikan oleh pihak kampus. Pihak kepolisian memastikan tidak ada laporan terkait tindakan pengeroyokan yang sempat terjadi di lokasi.

"Tidak ada laporan (soal pengeroyokan) karena mereka diselesaikan secara internal mereka. Semalam saya dengan Wakil Rektor memediasi mereka," kata Plt Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Yandri Irsan.

Simak juga 'Demo Tolak Kenaikan BBM di NTB Ricuh, Mahasiswa-Polisi Bentrok':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT