ADVERTISEMENT

6 Fakta Kebakaran Pabrik di Jababeka Berjam-jam Lamanya

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 02 Sep 2022 21:02 WIB
Kebakaran di pabrik industri di Jababeka (Wildan/detikcom)
Foto: Kebakaran di pabrik industri di Jababeka (Wildan/detikcom)
Cikarang -

Kebakaran terjadi di pabrik di kawasan industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Penyebab kebakaran yang berjam-jam lamanya itu diduga karena korsleting listrik.

Kebakaran ini terjadi pada Jumat (2/9/2022) dini hari. Kebakaran melahap pabrik thinner. Berikut fakta-fakta kebakaran pabrik di Jababeka:

1. Kebakaran Terjadi di 2 Pabrik

Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi, M Basir, mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 01.00 WIB, Jumat (2/9) dini hari. Dia mengatakan ada 10 unit mobil pemadam kebakaran dan 80 personel yang dikerahkan ke lokasi.

Basir mengatakan ada tiga bangunan yang terbakar. Di antaranya dua pabrik benda cair dan satu gudang.

"Dapat laporan jam 01.00 dini hari. Dua pabrik satu gudang satu pabrik. 10 unit, jumlah personel kurang lebih 80 personel," kata Basir.

2. Kebakaran Berjam-jam

Pada pukul 11.13 WIB, api masih menyala di pabrik yang terbakar. Petugas masih berupaya untuk memadamkan api.

"Masih menyala," kata petugas pemadam kebakaran Arif Friyanto saat dimintai konfirmasi sekitar pukul 11.13 WIB, Jumat (2/8).

Arif mengatakan api belum padam karena objek yang terbakar merupakan pabrik kimia dan bahan fiber. Arif menyebut jika air berhenti disiram, api kembali menyala.

"Sebab yang terbakar kimia dan bahan fiber. Jika air putus, api akan menyala kembali. Untuk lebih efektif menggunakan ekskavator. Sedang kita kondisikan dengan pihak perusahaan," ujarnya.

Lihat juga video 'Kebakaran Pabrik di Jababeka Asap Hitam Membubung Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT