Cerita Saksi Dengar Ledakan Saat Pabrik di Jababeka Cikarang Terbakar

ADVERTISEMENT

Cerita Saksi Dengar Ledakan Saat Pabrik di Jababeka Cikarang Terbakar

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 02 Sep 2022 15:10 WIB
Kebakaran di pabrik industri di Jababeka (Wildan/detikcom)
Kebakaran di pabrik industri di Jababeka. (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Dirman, warga yang tinggal di dekat pabrik industri terbakar di Jababeka, Cikarang, Bekasi, menceritakan detik-detik peristiwa kebakaran. Dirman mengaku mendengar ledakan saat pabrik itu terbakar.

"Malam itu sekitar jam 12.30-an malam terdengar suara kayak petasan gitu, beledag beledag. Sering juga, banyak, intinya kayak petasan," ujarnya di lokasi, Jumat (2/9/2022).

Dirman lantas mengecek keluar pabrik untuk mengetahui asal suara tersebut. Dia kaget ketika melihat selokan yang sudah dipenuhi api.

Dia menyebut api menjalar mengikuti cairan yang diduga bahan kimia yang bersumber dari pabrik yang mengalir ke selokan.

"Pas keluar tiba-tiba api sudah menjalar ke luar dari pabrik ini. Ke rumput bahkan ke got got seperti ini. Api keluar ngikutin semacam bahan kimia yang ngalir," ujarnya.

Tak lama setelah itu, terdengar bunyi ledakan yang sangat keras dari dalam pabrik. Saat itu ledakan berbunyi dibarengi dengan api yang membumbung tinggi.

"Selang berapa lama, ada ledakan besar yang terjadi. Api gede keluar waktu kejadian itu (ledakan)," tuturnya.

Dirman mengatakan saat ledakan terjadi dia dan petugas keamanan lain yang ada di lokasi mengaku kaget dan panik. Bahkan, kata dia, ledakan tersebut juga menyebabkan tembok bangunan pabrik lainnya roboh.

"(Ledakan) satu kali, cuman satu kali itu dahsyat banget. Bahkan tembok pabrik sebelah aja ini jebol karena akibat ledakan tersebut," imbuhnya.

Dirman mengatakan, sesaat setelah terjadinya ledakan, pihaknya langsung menghubungi petugas kepolisan dan petugas pemadam kebakaran. Menurutnya, api yang membumbung tinggi tersebut bertahan selama kurang lebih tiga jam hingga pukul 04.00 WIB.

Lihat juga video 'Kebakaran Melahap Pabrik Alumunium Foil di Gunung Putri Bogor':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT