Indonesia Akan Bawa Pulang Prasasti Pucangan dari India

ADVERTISEMENT

Indonesia Akan Bawa Pulang Prasasti Pucangan dari India

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 02 Sep 2022 16:53 WIB
Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid dan prasasti Pucangan (dok. Instagram Hilmarfarid)
Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid dan prasasti Pucangan. (Dok. Instagram Hilmarfarid)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia akan membawa pulang Prasasti Pucangan peninggalan Raja Airlangga dari Kerajaan Kahuripan di Jawa Timur dari India. Saat ini, pemerintah Indonesia sedang berdiskusi dengan pemerintah India untuk membahas kemungkinan mengembalikan prasasti tersebut.

Hal ini disampaikan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid melalui akun Instagramnya, @hilmarfarid. Ia mengunggah fotonya di samping prasasti tersebut. Prasasti Pucangan ini memuat informasi tentang silsilah Raja Airlangga.

"Prasasti Pucangan. Memuat informasi tentang silsilah Raja Airlangga dan beberapa peristiwa dalam perjalanannya sebagai raja," kata Hilmar Farid dalam unggahannya seperti dilihat detikcom, Jumat (2/9/2022).

Prasasti dibawa Inggris untuk menjadi koleksi Royal Asiatic Society. Kini ia menjadi koleksi Indian Museum di Kolkata.

"Prasasti ini dibawa oleh Inggris untuk menjadi koleksi Royal Asiatic Society, yang sekarang menjadi Indian Museum, di Kolkata," ujarnya.

Namun prasasti tersebut lama teronggok di sana dan kurang mendapat perhatian. Hilmar akan membicarakan kemungkinan memulangkan prasasti ini dengan Kementerian Kebudayaan India.

"Untuk waktu cukup lama teronggok di gudang dan kurang mendapat perhatian. Pagi ini saya akan bertemu Kementerian Kebudayaan India untuk membicarakan kemungkinan membawanya ke Indonesia. Semoga saja," ujarnya.

Lihat juga video '2 Gedung Pencakar Langit di India Dihancurkan':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT