Memori Banding Pemecatan Ferdy Sambo Belum Diterima hingga Saat Ini

ADVERTISEMENT

Memori Banding Pemecatan Ferdy Sambo Belum Diterima hingga Saat Ini

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 02 Sep 2022 13:28 WIB
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo
Foto: Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (Dok. Polri)
Jakarta -

Polri hingga kini belum menerima memori banding yang diajukan Irjen Ferdy Sambo terkait pemecatannya. Kendati demikian, Biro Pertanggungjawaban Profesi Polri (Wabprof) sudah menyiapkan sidang komisi banding.

"Untuk memori banding Irjen FS belum diterima. Namun demikian dari pihak Wabprof sudah berkomunikasi dengan Divkum Polri sudah mempersiapkan sidang komisi banding," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (2/9/2022).

Dedi mengatakan, sidang komisi banding itu nantinya akan dipimpin oleh jenderal bintang tiga. Dedi tidak menjelaskan siapa jenderal bintang tiga yang nantinya akan memimpin sidang komisi banding tersebut.

"Komisi banding ini akan dipimpin Pati bintang 3," ungkapnya.

Dedi melanjutkan, sidang komisi banding ini akan memproses secepatnya banding yang diajukan Ferdy Sambo. Dalam jangka waktu 21 hari, kata dia, nantinya komisi banding akan memutuskan akan menerima atau menolak memori banding mantan Kadiv Propam itu.

"Secepatnya juga akan berproses. Dalam waktu 21 hari sidang komisi banding sudah akan memutuskan hasil banding. Saya ulang, 21 hari memori banding diputuskan apakah diterima atau ditolak," tutur Dedi.

Dedi pun memastikan hasil sidang komisi banding akan disampaikan ke publik. "Nanti hasilnya akan disampaikan juga," kata dia.

Ferdy Sambo Ajukan Banding

Ferdy Sambo sebelumnya mengajukan banding usai menjalani sidang etik dan disanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH). Permohonan banding sudah resmi diajukan oleh pendamping sidang Ferdy Sambo dari Divisi Hukum Polri.

"Sudah diajukan oleh pendamping beliau dari Divkum Polri," kata kuasa hukum keluarga Ferdy Sambo, Arman Hanis, saat dihubungi, Minggu (28/8).

Arman menuturkan untuk memori banding belum diserahkan. Dia mengatakan Ferdy Sambo memiliki waktu 21 hari untuk menyerahkan memori banding.

"Memori belum, dalam perpol diatur paling lambat 21 hari sejak menyatakan banding," ujarnya.

"Dalam sidang Kode Etik yang mendampingi dari Divkum Polri, silakan ditanyakan ke Divkum ya," imbuhnya.

Simak Video 'Sederet Temuan dan Rekomendasi Komnas HAM di Kasus Pembunuhan Yosua':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT