Legislator PDIP Dilaporkan soal 'Salah Minum Obat', Habiburokhman Pasang Badan

ADVERTISEMENT

Legislator PDIP Dilaporkan soal 'Salah Minum Obat', Habiburokhman Pasang Badan

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 02 Sep 2022 08:58 WIB
Waketum Gerindra Habiburokhman. (dok. Istimewa)
Waketum Gerindra Habiburokhman. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Anggota Komisi IV DPR F-PDIP Riezky Aprilia dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR usai bicara 'salah minum obat' saat rapat bersama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman pasang badan bela Riezky.

Habiburokhman mengatakan apa yang dilakukan Riezky sudah benar sebagai pengawas eksekutif. Dia menilai tidak ada yang salah dengan ucapan 'salah minum obat' yang disampaikan Riezky ke Yasin Limpo.

"Sudah benar Bu Rizky, menjalankan tugasnya sebagai anggota DPR sebagai pengawas eksekutif. Apa yang salah dengan kalimat 'salah makan obat' itu perumpamaan," kata Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (1/9/2022).

Waketum Gerindra ini lantas membela Riezky untuk mengusulkan agar laporan itu disetop. Dia menilai ucapan anggota DPR punya hak dan kewajiban untuk bicara.

"Saya yang paling depan akan paling keras usul laporan terhadap Rizky didrop. Masyarakat harus diedukasi bahwa anggota parlemen punya hak dan bahkan wajib bicara," ujarnya.

Habiburokhman mengatakan pihaknya justru akan memanggil Yasin Limpo. Menurutnya, Yasin Limpo terlihat tidak mematuhi etika rapat.

"Saya justru akan usul panggil menteri yang seperti bersikap tidak mematuhi etika persidangan. Nggak boleh mitra langsung menjawab pernyataan anggota tanpa lewat pimpinan sidang. Mitra tidak boleh bicara asal menyahut anggota, harus lewat pimpinan rapat," ujarnya.

Simak Video 'Momen Debat Panas Legislator Vs Mentan soal 'Salah Makan Obat'':

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT