Program Tukar Sampah Jadi Emas Pegadaian Diminati, Total Capai 9 Kg Emas

ADVERTISEMENT

Program Tukar Sampah Jadi Emas Pegadaian Diminati, Total Capai 9 Kg Emas

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Kamis, 01 Sep 2022 13:28 WIB
Pegadaian
Foto: Screenshoot
Jakarta -

PT Pegadaian (Persero) terus berupaya mendorong pengelolaan sampah di Indonesia. Hal ini dilakukan melalui berbagai upaya salah satunya lewat program The Gade Clan and Gold yang telah dikuasai sejak tahun 2018.

Lewat program ini, Pegadaian mengajak masyarakat untuk menyulap sampah rumah tangga menjadi tabungan emas melalui bank sampah. Hingga kini, Pegadaian telah memiliki 72 bank sampah yang telah tersebar di wilayah Indonesia.

"Persoalan sampah ini tidak ada habis-habisnya. Sampah yang tertimbun dan dihasilkan luar biasa sekali. Pegadaian saat ini berkontribusi meskipun kecil, tapi harapan kami peran serta Pegadaian akan ikut memberikan arti pengelolaan sampah di Indonesia," ujar Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan dalam acara Press Conference & Launching Pegadaian MengEMASkan Sampah Untuk Indonesia, Kamis (1/9/2022).

"Sampai saat ini, Pegadaian telah mengelola 72 bank sampah di seluruh Indonesia. Dan ini sangat dasar sekali karena bank sampah ini bukan sekedar bank sampah yang hanya mengumpulkan dan menjual sampah, tapi juga aktif mengedukasi masyarakat cara memilah sampah yang baik. Saat ini di bank sampah sudah terbentuk forum komunikasi antar bank sampah untuk saling berbagi ide dan bertukar kreativitas," imbuhnya,

Sementara itu, Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah menilai program The Gade Clean and Gold Memilah Sampah Menabung Emas menjadi program yang banyak diminati masyarakat. Hal ini lantaran produk tabungan emas merupakan yang paling mudah dipahami masyarakat.

"Produk yang paling mudah, paling simple, dan paling mudah masuk adalah tabungan emas. Jadi, mereka memilah sampah, sampah dikumpulkan, sampah ditimbang, dinilai, dan dibayarkan dalam tabungan emas," katanya.

Ia pun menambahkan antusias masyarakat terhadap program ini juga cukup besar. Hal inti terlihat dari jumlah tabungan emas yang mencapai 9 kg.

"Kalau kita lihat dari kondisi aset terhadap pengelolaan bank sampah ini dari 72 bank sampah, yang kami sinerginya ke tabungan emas, jumlah tabungan emas kita itu sudah ada 9,667 kg itu di tahun 2022. Kemudian saldo tabungan kalau dari sisi rupiah itu Rp 4,8 miliar. Sedangkan dari sisi sampah, itu data di 2022 itu ada 1,527 juta kg sampah," katanya.

Selain lewat program The Gade Clean and Gold, Pebri menyebut saat ini pihaknya juga menggelar lomba Pegadaian MengEMASkan Sampah Untuk Indonesia bagi bank sampah binaan Pegadaian. Ia berharap lomba ini dapat menjadi daya tarik bagi bank sampah lain agar ikut serta dalam binaan Pegadaian.

"Harapannya kita ingin lomba ini bukan hanya bersifat instan tapi juga terus menjadi sebuah kegiatan yang rutin. Jadi, walaupun tanpa lomba kegiatan ini bisa terus berjalan," tutupnya.

Lihat juga video 'Warga Parepare Ubah Sampah di Pantai Jadi Seni Ekobrik':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT