Bangkai Ikan Dewa Dikafani-Diazani, Mitosnya Jelmaan Pasukan Siliwangi

ADVERTISEMENT

Bangkai Ikan Dewa Dikafani-Diazani, Mitosnya Jelmaan Pasukan Siliwangi

Muhammad Fadhil Raihan - detikNews
Kamis, 01 Sep 2022 12:01 WIB
Penampakan ikan dewa yang mati massal di Cibulan Kuningan
Penampakan ikan dewa yang mati massal di Cibulan, Kuningan, Jawa Barat. (istimewa)
Kuningan -

Baru-baru ini warga diramaikan kematian massal ikan dewa yang berada di objek Wisata Cibulan, Desa Maniskidul, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Banyak mitos seputar keberadaan dan asal-usul ikan dewa itu.

Dilansir detikJabar, Kamis (1/9/2022), kematian ikan dewa tersebut membuat heboh warga setempat karena dianggap sebagai hewan keramat yang memiliki berbagai legenda dan mitos. Berikut beberapa ragam cerita dan mitos yang berkembang mengenai ikan Dewa di Cibulan.

Jelmaan Pasukan Prabu Siliwangi

Salah satu pengelola objek wisata Cibulan, Maman Suherman (50), menceritakan kisah ikan dewa yang dianggap sebagai jelmaan pasukan Prabu Siliwangi, yang dikenal sebagai sosok pemimpin Kerajaan Pajajaran di Jawa Barat.

"Konon ikan ini adalah prajurit Prabu Siliwangi yang dikutuk karena tidak setia sama Prabu Siliwangi, kalau dari ceritanya seperti itu," kata Maman kepada detikJabar pada Rabu (15/6/2022).

Objek wisata ikan dewa di Kuningan.Objek wisata ikan dewa di Kuningan. (Bima Bagaskara/detikcom)

Populasi yang Tetap

Maman juga menyebutkan bahwa populasi ikan dewa di Cibulan tidak pernah bertambah ataupun berkurang. Padahal ikan keramat tersebut selalu berkembang biak.

"Ikan ini selalu berkembang biak, cuma dari dulu kolam ini tidak pernah penuh dan kurang sama ikan. Kalau secara logika kan, semisal berkembang biak mungkin kolam ini penuh. Padahal dikonsumsi juga nggak dan yang mati juga tidak setiap minggu," ucap Maman.

Baca selengkapnya di sini

Simak juga 'Ada Ikan Purbakala dan Sumur Keramat di Objek Wisata Cibulan':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT