Ikan Dewa Cibulan Mati Massal, Bangkainya Dikafani dan Diazani Warga

ADVERTISEMENT

Ikan Dewa Cibulan Mati Massal, Bangkainya Dikafani dan Diazani Warga

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 01 Sep 2022 11:05 WIB
Penampakan ikan dewa yang mati massal di Cibulan Kuningan
Penampakan ikan dewa yang mati massal di Cibulan, Kuningan, Jawa Barat. (Foto: dok. Istimewa)
Kuningan -

Warga dibuat heboh oleh matinya ikan dewa yang ada di objek Wisata Cibulan, Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat. Bukan hanya satu, ikan dewa yang mati mendadak tersebut jumlahnya banyak.

Dilansir detikJabar, video dan foto yang menunjukkan matinya ikan-ikan dewa tersebut beredar di media sosial. Dilihat pada Rabu (31/8/2022), terlihat ikan dewa berukuran besar telah mati dan tampak masih berada di dalam air. Ada juga ikan yang sudah diangkat dan dijejerkan di atas tanah.

Selain itu, ada orang yang terlihat sedang menguburkan ikan dewa itu. Ikan dewa tersebut dikuburkan dengan diselimuti kain putih dan diazani layaknya manusia.

Soal penguburan ikan dewa yang mati ini pernah dibahas oleh salah satu pengelola objek wisata Cibulan, Maman Suherman (50). Maman menyebut proses penguburannya layaknya manusia, yakni dibungkus dengan kain kafan.

Namun ikan dewa itu tidak 'disekar' ataupun diberi doa.

"Udah tradisi dari dulu itu, diangkat dan dikubur lalu dikainkafanin. Nggak ada kalau ritual khusus mah, hanya itu saja," ujarnya kepada detikJabar, 15 Juni 2022.

Baca selengkapnya di sini

Simak juga 'Kala Ada Ikan Purbakala dan Sumur Keramat di Objek Wisata Cibulan':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT