ADVERTISEMENT

Hari Literasi Nasional 8 September: Sejarah dan Tema Perayaan

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Selasa, 30 Agu 2022 09:58 WIB
Hari Literasi Nasional 8 September: Sejarah, dan Tema Perayaan
Hari Literasi Nasional 8 September: Sejarah dan Tema Perayaan | Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Hari Literasi Nasional disebut juga dengan berbagai istilah lain seperti Hari Literasi Indonesia, atau Hari Literasi Internasional, atau Hari Aksara Internasional. Hari Literasi Nasional diperingati dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Hari Literasi Nasional, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kapan Hari Literasi Nasional Diperingati? Tanggal 8 September

Hari Literasi Nasional diperingati pada tanggal 8 September setiap tahunnya. Hari Literasi Nasional juga disebut dengan beberapa nama lain karena perayaan Hari Literasi tidak hanya pada skala nasional atau di Indonesia saja tetapi juga di seluruh dunia. Beberapa nama lain Hari Literasi Nasional antara lain:

  • Hari Literasi Indonesia
  • Hari Literasi Internasional (International Literacy Day/ILD)
  • Hari Aksara Internasional

Dilansir dari laman Itjen Kemdikbud, Hari Literasi Nasional diperingati di seluruh belahan dunia pada tanggal 8 September dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi dalam kehidupan. Beragam manfaat juga bisa didapatkan jika masyarakat mengedepankan literasi dalam hidup.

Hari Literasi Nasional 8 September: Sejarah, dan Tema PerayaanHari Literasi Nasional 8 September: Sejarah dan Tema Perayaan | Foto: Getty Images/iStockphoto/globalmoments

Sejarah Hari Literasi Nasional Diperingati Setiap 8 September

Masih dilansir dari laman yang sama, Hari Literasi Nasional atau Hari Literasi Internasional pertama kali dibentuk pada tahun 1967 oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Hari Literasi Nasional atau Hari Literasi Internasional dicetuskan oleh UNESCO sebagai langkahnya untuk memajukan literasi membentuk masyarakat yang lebih melek huruf dan berkelanjutan.

Berawal pada tahun 1965 diselenggarakan konferensi UNESCO dengan tema "World Conference of Ministers of Education on the Eradication of Illiteracy" di Teheran, Iran. Kemudian pada tahun 1966, UNESCO memimpin dan mendeklarasikan tanggal 8 September ditetapkan sebagai International Literacy Day (Hari Literasi Internasional) atau Hari Literasi Nasional dengan tujuan untuk mengingatkan komunitas global tentang pentingnya literasi bagi individu, komunitas, dan masyarakat, serta sebagai upaya menuju masyarakat yang lebih melek huruf demi menciptakan kesejahteraan dunia.

Setelahnya pada tahun 1967, komunitas global berupaya untuk mengakhiri buta huruf dengan berpartisipasi dalam Hari Literasi Internasional yang pertama pada tahun 1967. Pemerintah, sekolah, serta warga di segala dunia turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Selanjutnya pada tahun 1990, dalam konferensi dunia "Education for All" yang diselenggarakan di Jomtien, Thailand, membahas peran penting literasi. Pada tahun 2015, literasi menjadi poin yang dimasukkan ke dalam tujuan utama Sustainable Development Goals (SDG's) dalam bidang pendidikan.

Hingga pada tahun 2017, Hari Literasi Internasional mengganti fokusnya pada keterampilan literasi digital karena dianggap berhubungan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih saat itu.

Perayaan dan Tema Hari Literasi Nasional Tahun 2022

Tahun ini, perayaan Hari Literasi Internasional atau Hari Literasi Nasional jatuh pada Kamis, 8 September 2022. Dilansir dari laman UNESCO, tema Hari Literasi Nasional tahun 2022 adalah "Transforming Literacy Learning Spaces" atau "Transformasi Ruang Belajar Literasi".

UNESCO juga menyebutkan perayaan Hari Literasi Nasional tahun 2022 akan menjadi kesempatan untuk memikirkan kembali pentingnya ruang belajar literasi untuk membangun ketahanan dan memastikan pendidikan yang berkualitas, adil, dan inklusif untuk semua.

Di tingkat global, Hari Literasi Internasional dirayakan selama dua hari yakni akan diselenggarakan pada tanggal 8 dan 9 September 2022, di Pantai Gading. Perayaan Hari Literasi Internasional akan diselenggarakan dengan program luar biasa dan praktik literasi tahun ini yang diumumkan melalui upacara penghargaan Hadiah Literasi Internasional UNESCO 2022.

Demikian informasi seputar Hari Literasi Nasional yang diperingati pada tanggal 8 September setiap tahunnya.

(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT