Satgas Minta RI Waspada: Sepekan Kasus COVID di Jepang Tambah 1,5 Juta

ADVERTISEMENT

Satgas Minta RI Waspada: Sepekan Kasus COVID di Jepang Tambah 1,5 Juta

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 26 Agu 2022 20:31 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Ilustrasi Virus Corona (Getty Images/loops7)
Jakarta -

Satgas COVID-19 mengungkapkan ada kenaikan kasus COVID-19 yang cukup signifikan di 3 negara. Satgas meminta pemerintah dan masyarakat Indonesia waspada.

"Jika dilihat secara global, setidaknya terdapat 3 negara yang sedang mengalami lonjakan kasus yaitu Jepang, AS, dan India," kata juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam jumpa pers daring, Jumat (26/8/2022).

Penambahan kasus tertinggi terjadi di Jepang. Dia mengatakan pemicu melonjaknya kasus COVID-19 di 3 negara itu berbeda-beda.

"Jepang mengalami kenaikan dengan total kasus mingguan per 21 Agustus adalah sebesar lebih dari 1,5 juta penambahan kasus dalam 1 minggu," katanya.

"Kemudian Amerika Serikat (AS) juga melonjak kasusnya menjadi hampir 600 ribu kasus per minggu dan India sebesar 80 ribu kasus per minggu," imbuhnya.

Wiku menjelaskan, di Jepang, kenaikan terjadi akibat dominasi virus Omicron subvarian BA.5 pada kasus positif di sana. Dia mengatakan penerapan protokol kesehatan (prokes) di Jepang dapat dikatakan tak selonggar negara lainnya.

"Melepas masker di tempat umum diperbolehkan asalkan menjaga jarak aman minimal 2 meter, jika tidak dapat menjaga jarak maka masker harus tetap digunakan," katanya.

Sementara di AS, kenaikan kasus terjadi akibat COVID-19 Omicron subvarian BA.4.6. Selain itu, peningkatan kasus ditambah kebijakan di AS yang sudah melonggarkan pelaksanaan prokes termasuk memakai masker dan menjaga jarak.

"Sehingga penularan lebih cepat meluas di tengah masyarakat," katanya.

Sedangkan di India, kenaikan kasus COVID terjadi akibat varian BA.2.75 yang didorong juga pelaksanaan protokol kesehatan, ditandai dengan sudah tidak wajib mengenakan masker di tempat umum.

"Dengan adanya kenaikan kasus ini pemerintah (India) segera menerapkan kembali kewajiban mengenakan masker di tempat umum dengan penerapan sanksi apabila tidak mematuhinya," katanya.

Bagaimana kondisi di Indonesia? Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Laporan Satgas: Laju Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Merosot

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT