Mengenal Monumen Kucing Libi, Simbol Perjuangan Korban Gusur Eks Bukit Duri

ADVERTISEMENT

Mengenal Monumen Kucing Libi, Simbol Perjuangan Korban Gusur Eks Bukit Duri

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 26 Agu 2022 08:36 WIB
Monumen Kucing Libi berdiri di kawasan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jakarta Timur (Tiara Aliya-detikcom)
Foto: Monumen Kucing Libi berdiri di kawasan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jakarta Timur (Tiara Aliya-detikcom)
Jakarta -

Sebuah Monumen berbentuk kucing berdiri di kawasan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jakarta Timur. Monumen Kemanusiaan itu menjadi simbol perjuangan warga Eks Bukit Duri menghadapi penggusuran paksa pada 2016 silam.

Tokoh masyarakat Bukit Duri, Romo Sandiawan menjelaskan kisah dibalik pembuatan monumen itu. Dia bercerita, sewaktu itu anak-anak sanggar Ciliwung memelihara kucing bernama Libi. Ketika peristiwa penggusuran paksa itu terjadi, Libi melompat ke arah beko yang menghancurkan rumah warga. Libi sontak terlempar ke arah bangunan hancur itu.

"Lalu Beko itu menghancurkan pucuk dari sanggar itu, diantara debu-debu itu kucing itu terlempar," kata Romo Sandiawan kepada wartawan, Kamis (25/8/2022).

Ia dan warga sekitar menduga kucing itu telah mati. Ajaibnya, setelah beberapa hari dirinya melihat Libi masih berada di sekitaran reruntuhan sanggar Ciliwung.

"Kami menduga, kucing itu akan segera mati, tapi ke esokan harinya, anak-anak melaporkan bahwa kucing itu sedang duduk terisak-isak di lokasi dimana sanggar itu sudah hancur," ujarnya.

"Dan yang terjadi adalah, setiap jam 15.00 WIB, kucing itu selalu tidur di lokasi itu, atau reruntuhan itu," tambahnya.

Monumen Kucing Libi berdiri di kawasan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jakarta Timur (Tiara Aliya-detikcom)Monumen Kucing Libi berdiri di kawasan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jakarta Timur (Tiara Aliya-detikcom)

Atas hal ini, warga Eks Bukit Duri menjadikan Libi sebagai simbol perjuangan dalam mencari keadilan. Patung kucing itu pun berdiri tegak di depan kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung yang menjadi rumah baru bagi warga eks Bukit Duri.

"Kucing bernama Libi ini kami jadikan simbol perjuangan, kesetiaan, dan persistensi warga yang rindu sekali akan tempat tinggal yang manusiawi yang penuh gotong royong, inilah patung kucing Libi," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di Jakarta Timur untuk korban gusuran Kampung Bukit Duri pada 2016. Kampung susun ini dibangun selama 10 bulan sejak Oktober 2021.

"Tanggal 7 Oktober 2021 kita berkumpul di tempat ini, lahannya kosong. Pada waktu itu kita mulai pencanangan Kampung Susun ini. Saat itu, penantian panjang sejak September 2016 dimulai ketika melihat cahaya di ujung terowongan, tapi belum sampai di ujung terowongan. Hari ini alhamdulillah sebuah ikhtiar mengembalikan harkat, martabat, dan hak warga bisa kita tuntaskan bersama," kata Anies Baswedan di Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jalan Kavling DPR, Kp Pulo Jahe, Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (25/8/2022).

Anies mengatakan pembangunan kampung susun ini merupakan bentuk kolaborasi pemerintah dan warganya. Tahapan dimulai dengan diskusi panjang, membuat desain, hingga menentukan lokasi, rumah susun dilakukan secara bersama-sama melibatkan seluruh pihak.

"Ini juga dijalankan sama-sama. Ini prosesnya panjang sampai groundbreaking bulan Oktober tahun lalu. Artinya, dari kita jalani rancangan putusan mencari lokasi dana, semua berjalan lancar. Ini bukan lambat tetapi pelan. Seluruh prosedur diikuti benar supaya tidak ada ruang di kemudian hari yang menimbulkan masalah," ujarnya.

Anies kemudian menyinggung masa-masa rumah warga Bukit Duri digusur karena terdampak proyek normalisasi sungai Ciliwung pada 2016. Anies mewanti-wanti jangan sampai peristiwa itu terulang.

"Kita harus bersyukur, negara harus berjanji kita tidak boleh mengulangi peristiwa yang terjadi di Bukti Duri. Ini harus jadi komitmen kita," tegasnya.

Lihat juga video 'Kisah 'Cowboy Kucing' Dirikan Tempat Penampungan Kucing Liar':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT