Makna Lagu Rayuan Pulau Kelapa: Lirik dan Sosok Penciptanya

ADVERTISEMENT

Makna Lagu Rayuan Pulau Kelapa: Lirik dan Sosok Penciptanya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Jumat, 26 Agu 2022 18:07 WIB
Makna lagu Rayuan Pulau Kelapa adalah bentuk ungkapan keindahan Indonesia. Rayuan Pulau Kelapa ini diciptakan oleh komposer musik Indonesia, Ismail Marzuki.
Makna Lagu Rayuan Pulau Kelapa: Lirik dan Sosok Penciptanya (Foto: Getty Images/iStockphoto/Yamtono_Sardi)
Jakarta -

Makna lagu Rayuan Pulau Kelapa adalah bentuk ungkapan atas keindahan pulau Indonesia. Rayuan Pulau Kelapa ini tercatat sebagai lagu nasional yang diciptakan oleh komposer musik Indonesia, Ismail Marzuki.

Lantas, bagaimana dengan lirik lagu Rayuan Pulau Kelapa? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Makna Lagu Rayuan Pulau Kelapa, Ini Liriknya

Lirik lagu Rayuan Pulau Kelapa ditulis oleh Ismail Marzuki. Sebelum mengetahui maknanya, berikut ulasan lirik lagu Rayuan Pulau Kelapa.

Tanah airku Indonesia
Negeri elok amatku cinta
Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang ku puja sepanjang masa

Tanah Airku aman dan makmur
Pulau kelapa yang amat subur
Pula melati pujaan Bangsa
Sejak dulu kala

Melambai-lambai nyiur di pantai
Berbisik-bisik raja kelana
Memuja pulau nan indah permai
Tanah airku Indonesia

Makna lagu Rayuan Pulau Kelapa adalah bentuk ungkapan keindahan Indonesia. Rayuan Pulau Kelapa ini diciptakan oleh komposer musik Indonesia, Ismail Marzuki.Makna lagu Rayuan Pulau Kelapa adalah bentuk ungkapan keindahan Indonesia. Rayuan Pulau Kelapa ini diciptakan oleh komposer musik Indonesia, Ismail Marzuki. (Foto: Wikimedia Commons)

Makna Lagu Rayuan Pulau Kelapa

Dilansir Jurnal Seni Nasional Cikini dengan judul "Kajian Estetika Lagu 'Rayuan Pulau Kelapa' Karya Ismail Marzuki oleh Ezra Deardo Purba, Rayuan Pulau Kelapa adalah lagu Indonesia yang ditulis oleh Ismail Marzuki. Lirik lagu ini berisi tentang keindahan alam Indonesia, seperti flora, kepulauan, dan pantainya.

Lagu ini juga mempunyai makna bahwa betapa bervariasinya flora dan fauna yang ada di Indonesia. Lagu Rayuan Pulau Kelapa ciptaan Ismail Marzuki pernah dimainkan dalam acara pidato kenegaraan di DPR/ MPR RI pada tanggal 15 agustus 2014.

Sosok Ismail Marzuki, Pencipta Lagu Rayuan Pulau Kelapa

Ismail Marzuki lahir di Kampung Kwitang, Jakarta, 11 Mei 1914. Ia merupakan keturunan asli Betawi. Selain Rayuan Pulau Kelapa, Ismail Marzuki juga menciptakan lagu-lagu dengan judul sebagai berikut.

  • O Sarinah (1931)
  • Gugur Bunga (1945)
  • Halo-halo Bandung (1946)
  • Selendang Sutera (1946)
  • Sepasang Mata Bola (1946)
  • Melati di Tapal Batas (1947).

Ismail Marzuki wafat pada 25 Mei 1958 dan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta. Ismail Marzuki mendapat gelar pahlawan nasional yang diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan 10 November, di Istana Negara, Rabu (10/11/2004).

Nama Ismail Marzuki juga diabadikan sebagai nama Pusat Kesenian Jakarta TIM, yang terletak di. Jl. Cikini, Jakarta Pusat.

Demikian informasi makna lagu Rayuan Pulau Kelapa. Semoga bermanfaat.

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT