Legislator: Ada Isu LGBT hingga Judi, Motif Pembunuhan Yosua Harus Diungkap

ADVERTISEMENT

Legislator: Ada Isu LGBT hingga Judi, Motif Pembunuhan Yosua Harus Diungkap

Nahda Rizki Utami, Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 24 Agu 2022 14:55 WIB
Ilustrasi kasus penembakan Brigadir J
Foto ilustrasi pembunuhan Brigadir J. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan pernyataan yang terang terkait motif pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J. Arteria tidak ingin motif ini mengarah ke mana-mana.

Hal itu diungkap Arteria dalam rapat Komisi III DPR bersama Kapolri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2022). Arteria meminta Sigit mengungkap motif Irjen Ferdy Sambo membunuh Brigadir J meskipun bukan menjadi kewajiban.

"Untuk motif walaupun tidak menjadi kewajiban, ini kan sudah dinyatakan kronologis asli yang tidak terbantahkan kebenarannya oleh pelaku utama sekalipun saksi-saksi," ujar Arteria.

Menurutnya, Polri tidak bisa bekerja di ruang hampa. Arteria mengatakan Polri tidak bisa hanya menyampaikan motif 'konsumsi penyidik'.

"Namun, Polri tidak bisa bekerja di ruang hampa. Tidak bisa mengatakan ini untuk kepentingan penyidikan. Tidak bisa ini untuk konsumsi penyidik," tuturnya.

Dia meminta Sigit berbicara terkait motif ini. Agar hanya ada satu tafsir tunggal dari institusi Polri.

"Harus ada satu pernyataan Kapolri. Tafsir tunggal dari institusi Polri. Yang disampaikan Pak Kapolri terkait motif itu," ujarnya.

Sebab, kata Arteria, banyak asumsi publik terkait motif pembunuhan Brigadir J di luar sana. Dari mulai motif judi hingga LGBT.

"Sehingga tidak ada lagi motif LGBT, motif cinta segitiga, cinta segi empat. Motif judi. Motif apa, motif apa, nggak ada. Ini harus dihentikan," ungkapnya.

(rdp/rdp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT