Hari Anak Jakarta Membaca 24 Agustus, Simak Serba-serbinya

ADVERTISEMENT

Hari Anak Jakarta Membaca 24 Agustus, Simak Serba-serbinya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Selasa, 23 Agu 2022 18:59 WIB
Hari Anak Jakarta membaca (Hanjaba) adalah salah satu hari nasional di bulan Agustus. Hanjaba diperingati tanggal 24 Agustus setiap tahunnya.
Hari Anak Jakarta Membaca, Ini Sejarah Peringatannya (Foto: Getty Images/iStockphoto/Yamtono_Sardi)
Jakarta -

Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) adalah salah satu hari nasional di bulan Agustus. Dilansir situs resmi Perpustakaan Nasional Indonesia, Hanjaba diperingati pada tanggal 24 Agustus setiap tahunnya.

Lantas, bagaimana sejarah peringatan Hanjaba? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Sejarah Hari Anak Jakarta Membaca

Mengutip dari situs resmi Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat, kegiatan Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) sendiri adalah sebuah gerakan dengan tujuan untuk meningkatkan kegemaran membaca kepada anak-anak dan para generasi muda. Selain itu, gerakan Hanjaba juga sebagai upaya mewujudkan generasi yang cinta membaca dan cinta perpustakaan.

Kegiatan Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah DKI Jakarta. Hanjaba diadakan dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik dan generasi muda agar semakin minat dan gemar membaca. Seperti kita ketahui, membaca merupakan salah satu kegiatan positif yang memiliki banyak manfaat.

Hari Anak Jakarta membaca (Hanjaba) adalah salah satu hari nasional di bulan Agustus. Hanjaba diperingati tanggal 24 Agustus setiap tahunnya.Hari Anak Jakarta membaca (Hanjaba) adalah salah satu hari nasional di bulan Agustus. Hanjaba diperingati tanggal 24 Agustus setiap tahunnya. (Foto: Agung Pambudhy)

Apa Saja Manfaat Membaca Buku?

Membaca buku memiliki banyak manfaat bagi kehidupan dunia, salah satunya menambah ilmu pengetahuan. Membaca juga merupakan kegiatan positif yang bisa digunakan untuk mengisi waktu luang. Mengutip dari situs Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, berikut ini sederet manfaat membaca buku.

  1. Mengurangi Stress
    Rutinitas harian yang melelahkan dapat memicu timbulnya stress. Dengan membaca buku selama beberapa menit, bisa membantu menekan perkembangan hormon stress, seperti hormon kortisol sehingga pikiran menjadi lebih santai.
  2. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
    Membaca buku dapat mengisi kepala kita tentang berbagai macam informasi baru yang belum kita ketahui. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup di masa sekarang maupun di masa-masa yang akan datang.
  3. Menambah Kosakata
    Semakin banyak membaca buku, maka akan semakin banyak kita memperoleh penjelasan terkait hal-hal yang belum kita ketahui. Membaca buku juga dapat menambah jumlah kosakata yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Meningkatkan Kualitas Memori
    Membaca buku dapat meningkatkan kualitas otak kita dalam proses mengingat berbagai macam hal yang telah kita baca. Misalnya, karakter, latar belakang, ambisi, sejarah, maupun unsur atau plot dari setiap alur cerita.
  5. Melatih Keterampilan untuk Berfikir dan Menganalisa
    Manfaat lain membaca buku adalah melatih otak untuk dapat berfikir lebih kritis maupun menganalisis adanya masalah pada apa yang kita baca. Hal tersebut dapat membantu mengembangkan karakter kita di masa mendatang.

Daftar Hari Penting Bulan Agustus 2022

Dilansir situs resmi Perpustakaan Nasional, ada beberapa tanggal yang ditetapkan sebagai hari penting bulan Agustus 2022. Berbagai hari penting tersebut memperingati peristiwa nasional maupun internasional. Berikut daftar tanggalnya.

  • Senin, 1 Agustus 2022: Hari ASI Sedunia
  • Jumat, 5 Agustus 2022: Hari Dharma Wanita
  • Sabtu, 6 Agustus 2022: Hari Peringatan Bom Hiroshima - Nagasaki
  • Senin, 8 Agustus 2022: Hari Ulang Tahun ASEAN
  • Selasa, 9 Agustus 2022: Hari Masyarakat Adat Internasional
  • Rabu, 10 Agustus 2022: Hari Veteran Nasional
  • Jumat, 12 Agustus 2022: Hari Remaja Internasional
  • Sabtu, 13 Agustus 2022: Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional
  • Minggu, 14 Agustus 2022: Hari Pramuka (Praja Muda Karana)
  • Rabu, 17 Agustus 2022: Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
  • Kamis, 18 Agustus 2022: Hari Konstitusi Republik Indonesia
  • Jumat, 19 Agustus 2022: Hari Departemen Luar Negeri Indonesia
  • Minggu, 21 Agustus 2022: Hari Maritim Nasional
  • Rabu, 24 Agustus 2022: Hari Ulang Tahun TVRI, Hari Anak Jakarta Membaca
  • Selasa, 30 Agustus 2022: Hari Internasional Penghilangan Paksa.

Demikian informasi terkait Hari Anak Jakarta Membaca 24 Agustus. Semoga bermanfaat!

Simak juga 'Anies Bocorkan Gaji PNS DKI Fresh Graduate S1: Rp 12-18 Juta per Bulan':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT