ADVERTISEMENT

Olly Dondokambey Menguat Jadi MenPAN-RB

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 10:29 WIB
Ketua Fraksi PDIP Olly Dondokambey memberikan keterangan usai melakukan rapat pengarahan tertutup oleh Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri di DPP PDIP Diponegoro, Jakarta, Kamis (17/9/2015). Agung Pambudhy/Detikcom.
Olly Dondokambey (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Istana Kepresidenan mengungkapkan nama-nama pengganti Tjahjo Kumolo untuk mengisi posisi MenPAN-RB sudah mengerucut. Sejumlah kader PDIP disebut bakal menjadi MenPAN-RB. Nama yang menguat Olly Dondokambey.

Sebagai informasi, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7) setelah dua pekan dirawat di rumah sakit. Istana memastikan posisi MenPAN-RB kembali menjadi alokasi untuk PDIP.

Sejumlah nama pun muncul dari PDIP. Nama-nama kader yang mumpuni menjadi menggantikan Tjahjo pernah disebut oleh Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat.

Nama-nama itu mulai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Djarot menyebut kedua nama itu berpeluang karena prestasinya memimpin daerah.

"Kita banyak stok, ada Pak Ganjar, ada Pak Olly, sebagai gubernur. Jadi kita banyak stok yang baik-baik, belum lagi kepala daerah kita yang di kabupaten/kota maupun provinsi dan sebagainya. Jadi stok kader di PDIP mencukupi, karena kita rutin sistematis berkelanjutan mengadakan sekolah partai dan kaderisasi yang salah satunya adalah ini," kata Djarot di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/7) lalu.

Namun Djarot mengatakan tak menutup kemungkinan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Wakil Ketua MPR Fraksi PDIP Ahmad Basarah bisa menggantikan Tjahjo Kumolo di posisi MenPAN-RB. Meski demikian, Djarot sekali lagi menegaskan urusan pengganti Tjahjo Kumolo sesuai kewenangan Presiden Jokowi dan penugasan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Pak Hasto juga bisa. Artinya apa, kita banyak stok, Pak Basarah juga bisa, kita banyak stok ya, dari PDIP banyak stok. Pak Basarah oke, Pak Hasto oke, tergantung kepada dari penugasan. Yang punya kewenangan itu Ibu Ketum, tapi yang menentukan siapa, Presiden, karena yang menentukan itu Presiden. Yang jelas adalah partai akan mendukung penuh tugas-tugas dari Presiden dan menyukseskan program-program beliau sampai dengan akhir masa jabatan," lanjut dia.

Nama MenPAN-RB Mengerucut

Istana sempat menyampaikan nama calon MenPAN-RB pengganti Tjahjo Kumolo sudah mengerucut. Nama tersebut segera diumumkan Presiden Jokowi.

"Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Tapi nanti akan dibahas Presiden dan Ibu Mega," kata Seskab Pramono Anung di kompleks Istana, Jakarta, Senin (8/8).

Pramono tak membeberkan nama-nama yang masuk bursa MenPAN-RB. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi.

"Ya itu nama hak sepenuhnya Presiden, nanti biar keluar dari Presiden," ujar Pramono.

Simak juga video 'Jokowi Belum Tentukan Pengganti Tjahjo Kumolo: Masih dalam Proses':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT