Hermanto Dardak dalam Kenangan

ADVERTISEMENT

Hermanto Dardak dalam Kenangan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Agu 2022 08:16 WIB
Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010-2014 Hermanto Dardak
Hermanto Dardak (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kabar duka datang dari keluarga Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak. Ayahanda, Achmad Hermanto Dardak meninggal dunia dalam kecelakaan tragis di Tol Pemalag-Batang.

Kecelakaan terjadi pada Sabtu (20/8) sekitar pukul 3.20 WIB, ketika mobil Innova bernopol B-2739-UFZ yang ditumpanginya melaju dari arah GT Kalikungkang menuju Jakarta. Diduga karena sopir mengantuk, mobil menabrak bagian belakang truk hingga ringsek berat.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan Hermanto Dardak meninggal dunia. Sementara sopir yang membawanya, Angga Saputra (30), mengalami luka-luka.

Meninggalnya Hermanto Dardak ini meninggalkan duka mendalam bagi keluarga. Emil Dardak mengungkapkan perpisahan terakhirnya dengan sang ayah melalui Instagram.

Emil Dardak mengaku bangga memiliki sang ayah, Hermanto Dardak. Dalam unggahan itu, Emil Dardak juga menyertakan lagu favorit sang ayah 'My Way' karya Frank Sinatra.

"I'm so proud to have you as my father. This is your favorite song," tulis Emil Dardak dalam unggahan foto Hermanto Dardak di Instagram Story-nya, Sabtu (20/8/2022).

Rencananya, jenazah Hermanto Dardak akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) kalibata, Jakarta Selatan, pagi ini.


Sosok Hermanto Dardak di Mata Emil Dardak

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengenang sosok ayahnya Hermanto Dardak. Dia mengatakan ayahnya yang pernah menjadi Wakil Menteri Pekerjaan Umum itu tak pernah berhenti bekerja untuk kepentingan nasional termasuk Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Beliau terus, nggak pernah berhenti untuk kerja dan sharing semua pengetahuan yang beliau miliki untuk mensukseskan, salah satunya sekarang menteri PUPR meminta beliau menjadi ketua tim pengarah Satgas infrastruktur IKN," kata Emil di rumah duka Pondok Kelapa Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (21/8/2022).

Diketahui Hermanto Dardak pernah menjadi Wakil Menteri Pekerjaan Umum pada Kabinet Indonesia Bersatu di bawah kepemimpinan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Emil mengatakan dirinya ikhlas menghadapi situasi saat ini. Dia mengatakan saat ini fokus untuk memberikan dukungan moril kepada ibunda.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (Wildan Noviansyah/detikcom)Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (Wildan Noviansyah/detikcom)

Dia mengenang momen-momen terakhir berkumpul bersama almarhum ayahanda. Dia mengatakan momen itu terjadi saat adiknya lulus dengan predikat pujian (cumlaude) dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Kami sedang bersyukur karena adik saya yang paling kecil kuliah di ITB lulus dengan nilai tergolong cumlaude dan akan segera berangkat harusnya malam ini ke Swedia untuk mengambil studi AI. Almarhum sangat excited karena dulu adik saya yang ketiga di ITB juga. Yang keempat uji juga. Itu momen terakhir kami kumpul, kemudian kita syukuran," kenangnya.

Terkait peristiwa kecelakaan akibat sopir diduga mengantuk yang membuat Hermanto Dardak meninggal dunia, Emil Dardak menjadikannya sebuah pelajaran. Emil Dardak menilai kepergian ayahanda untuk selamanya adalah sebuah takdir yang tak dapat dihindari.

"Terkait dengan kejadian, saya pikir ini menjadi lesson learned ke depannya untuk yang lain. Bagi kami ini takdir," ucapnya.

SBY Kenang Hermanto Dardak saat Jadi Wamen PU di KIB II

Sejumlah tokoh datang melayat ke rumah duka di Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Sabtu (20/8) kemarin. Mantan Presiden SBY, mantan Wapres Jusuf Kalla, mantan Wapres Boediono, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan beberapa tokoh lainnya.

Presiden ke-6 RI sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan dukacita atas meninggalnya Hermanto Dardak. Hermanto Dardak menjadi Wakil Menteri Pekerjaan Umum dalam Kabinet Indonesia Bersatu II di era pemerintahan SBY.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat melayat ke rumah duka Hermanto DardakSusilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat melayat ke rumah duka Hermanto Dardak (Wildan/detikcom)

"Secara pribadi saya juga mengenal karena dulu pernah bertugas bersama-sama di pemerintahan. Yang saya ingat beliau seorang profesional dari latar belakang pendidikan, jabatan sebelumnya, sebelum saya angkat jadi wakil menteri, memang cakap, menguasai dan tepat untuk mengemban tugas sebagai wakil menteri," kata SBY di rumah duka, Pondok Kelapa Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (20/8).

SBY menyebut salah satu pencapaian Hermanto yakni ikut dalam menggodok master plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI). Pembangunan tersebut di antaranya program Trans Sumatera hingga pembangunan lain di Indonesia Timur.

"Secara khusus menggodok yang disebut MP3EI karena sebelum MP3EI lahir beliau juga menangani pembangunan infrastruktur di berbagai bidang, berbagai wilayah," ucapnya.

Baca di halaman selanjutnya: kontribusi Hermanto Dardak dalam pembangunan IKN

Simak Video 'Sosok Hermanto Dardak di Mata Arumi Bachsin':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT