Ridwan Kamil Kenang Sosok Hermanto Dardak: Menenangkan Gak Grasa-grusu

ADVERTISEMENT

Ridwan Kamil Kenang Sosok Hermanto Dardak: Menenangkan Gak Grasa-grusu

Wildan Noviansah - detikNews
Minggu, 21 Agu 2022 00:04 WIB
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil melayat ke rumah duka A Hermanto Dardak, ayahanda Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Emil Dardak. Ridwan kamil juga mensalatkan jenazah Hermanto.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (20/8/2022) Ridwan Kamil tiba pada pukul 20.21 WIB. Saat tiba dia sempat bertegur sapa dengan presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang baru selesai melayat. Bahkan terlihat Kang Emil mencium tangan SBY.

Kang Emil mengatakan, momen di rumah duka masih mengingatkan dia saat kehilangan anaknya Emmeril Khan Mumtaz. Di dalam rumah duka, dia pun saling menguatkan dengan Emil Dardak

"Saya ikut mensalatkan tadi, mendoakan juga, apalagi perasaan itu masih hadir ya untuk saya pribadi dan saling menguatkan. Kebetulan juga ujian kepada keluarga mas Emil ini luar biasa. Sebelumnya juga adiknya juga berpulang ya namanya Eril juga. Jadi saya betul-betul saling menguatkan tadi," kata Kang Emil, Sabtu (20/8/2022).

Kang Emil mengatakan, semasa hidup Hermanto merupakan pribadi yang tenang dan tidak grasa-grusu. Dalam kesempatan ini, atas nama masyarakat Jawa Barat Kang Emil juga mengucapkan belasungkawa dan merasa kehilangan atas kepergian Hermanto Dardak.

"Beliau ini kan saya sering ketemu sebelum saya jadi Walkot Gubernur. Kalem lah pembawaannya menenangkan tidak grasa-grusu sebagai pejuang pemikir dan itu yang menjadi teladan," kata dia.

"Atas nama pribadi, keluarga dan masyarakat Jawa Barat, kami menghaturkan rasa duka cita yang mendalam karena pak Hermanto Dardak inikan sosok luar biasa. Kami merasa sangat kehilangan dan mendoakan keluarganya tadi diberikan kekuatan kesabaran," imbuhnya

Jusuf Kalla (Wildan-detikcom)Jusuf Kalla (Wildan-detikcom)

.

Pribadi Hermanto yang tenang juga diungkapkan oleh mantan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK). JK menyebut Hermanto Dardak pribadi yang sopan dan cakap dalam teknologi, selain itu Hermanto mengerjakan tugasnya sebagai wakil menteri dengan baik dan tenang.

"Ya beliau orang yang sangat sopan dan insinyur yang baik, teknologinya kuat dari membahas masalah itu selalu dengan teknis yang baik. Beliau seorang ahli di bidangnya dan melaksanakannya dengan baik dan tenang," kata JK.

(dwia/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT