Lomba Lari Karung hingga Joget Bola Meriahkan HUT ke-77 RI di KBRI Tunis

ADVERTISEMENT

Lomba Lari Karung hingga Joget Bola Meriahkan HUT ke-77 RI di KBRI Tunis

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 20 Agu 2022 00:51 WIB
KBRI Tunis rayakan HUT RI
KBRI Tunis rayakan HUT RI (Foto: Dok. KBRI Tunis)
Jakarta -

KBRI Tunis menggelar upacara HUT RI ke-77 di Wisma Dubes RI, yang dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi. KBRI juga menggelar berbagai macam perlombaan.

Berdasarkan keterangan dari KBRI Tunis, Jumat (19/8/2022), di antara perlombaan yaitu, lomba lari karung, tarik-tambang, joget bola, kursi-panas, karaoke, dan juga dimeriahkan oleh stand up comedy. Acara ini diikuti oleh WNI yang ada di Tunisia.

Dubes Zuhairi Misrawi mengatakan bahwa momen HUT Kemerdekaan RI ke-77 adalah momen syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Misrawi mengatakan sebagai bentuk syukur itu, KBRI melakukan potong tumpeng.

"Pada hari yang bersejarah ini, hendaknya kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Bung Karno mengingatkan kita semua, bahwa negeri ini pada hakikatnya adalah rahmat Tuhan kepada kita semua, yang harus dirawat dengan cara menjaga persatuan dan menjadikan negeri ini berkemajuan. Sebab itu, kami setelah upacara pengibaran bendera Merah-Putih, melakukan poteng tumpeng sebagai tanda syukur kepada Tuhan," ujar kata Miswari.

Misrawi menyebut perayaan HUT RI ke-77 diisi dengan berbagai perlombaan untuk mengisi dengan kegembiraan bersama. Dia berharap WNI yang ada di Tunisia selalu menjaga kebersamaan.

"Pada hari ini, kita juga riang gembira bersama. Di dalam kebersamaan selalu ada kegembiraan dan kebahagiaan. Semoga kita terus bisa merawat dan menjaga kebersamaan, sebab kebersamaan merupakan modal untuk bangkit lebih kuat di masa-masa mendatang", jelsnya.

Dubes Miswati Jelaskan Filosofi Kemerdekaan RI di TV Tunisia

Dalam rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 KBRI Tunis, Dubes Misrawi juga menjelaskan filosofi dan makna kemerdekaan RI di TV Wataniya, jaringan televisi terbesar di Tunisia. Ia menegaskan, bahwa kemerdekaan RI merupakan jembatan emas bagi Indonesia dan dunia.

"Kemerdekaan merupakan berkah dan rahmat Tuhan yang sangat besar bagi Indonesia dan dunia. Sebab itu, setelah Indonesia merdeka dari penjajah, Bung Karno langsung membantu negara-negara yang masih terjajah untuk meraih kemerdekaannya. Visi kemerdekaan kita sangat inspiratif, karena meniscayakan kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Sebab itu, Bung Karno menjadi ikon negara-negara Asia-Afrika dalam memperjuang hak mereka untuk merdeka dan berdaulat secara politik," tutur dia.

KBRI Tunis rayakan HUT RIDubes RI untuk Tunisia jelaskan filosofi Kemerdekaan RI di TV Tunisia (Foto: Dok. KBRI Tunis)

Simak selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT