ADVERTISEMENT

Anies Bakal Jadi Pembicara di Ibu Ibukota Awards 2022

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 22:51 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tiara Aliya/detikcom)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Ibu Ibukota Awards (IIA) kembali digelar tahun 2022 dengan mempertemukan kembali 62 sosok penggerak tahun 2019-2021. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diagendakan mengisi materi dalam gelaran event tahunan ini.

Hal itu disampaikan oleh penggagas IIA Fery Farhati saat memberikan sambutan dalam acara Menuju Ibu Ibukota Awards 2022. Acara tersebut digelar di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta, Jl Taman Suropati, Jakarta Pusat, Jumat (19/8/2022).

Istri Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan Ibu Ibukota Awards 2022 mengangkat tema #BertemuKembali, di mana para sosok yang selama ini menemani tumbuhnya gerakan #AksiHidupBaik diberi ruang lebih luas untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Kegiatan kolaborasi ini terbuka untuk berbagai pihak yang ingin bekerja sama dengan IIA dan digelar sepanjang Agustus hingga September 2022. Fery memandang gerakan para sosok Ibu Ibukota di setiap tahun terus berkembang dan semakin luas dampaknya.

"Kami sangat berharap manfaat dari gerakan #AksiHidupBaik para sosok ini bisa dirasakan oleh semakin banyak pihak. Agar Ibu Ibukota mendapatkan ruang untuk berbagi ilmu dan keterampilan," kata Fery dalam keterangan tertulis, Jumat (19/8/2022).

Lebih lanjut Fery menambahkan IIA terbuka dengan berbagai bentuk ajakan kerja sama dari masyarakat, media, komunitas maupun pihak swasta. Bentuk kolaborasi yang bisa melibatkan sosok Ibu Ibukota di antaranya pelatihan/lokakarya, bincang inspiratif, ataupun proses kreatif lainnya seperti pembuatan ilustrasi, komik, pemotretan, video musik, dan lain sebagainya.

"Oleh sebab itu, Ibu Ibukota mengajak semua pihak untuk mengirimkan rencana kolaborasi di bulan Agustus-September 2022 ke email kontak@ibuibukota.id. Mari kita bersama hadirkan kembali semangat kolaborasi dengan ambil bagian di Ibu Ibukota Awards 2022," ujarnya.

Nantinya, IIA 2022 mengawali kegiatan dengan menggelar 'TEMALI (Temu Kembali) Ibu Ibukota' yang menjadi momen pertama para sosok penggerak tahun 2019-2021 untuk bisa bertemu secara langsung, bertukar gagasan, hingga membuat rencana kolaborasi lintas angkatan dan lintas bidang gerak. Para sosok juga telah mengikuti kegiatan 'BEKALI (Belajar Kembali) Ibu Ibukota' untuk melengkapi pengetahuan mereka.

"Agar lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan dan karakteristik masyarakat di lapangan, serta menjadi pionir yang mendorong lahirnya sosok perempuan-perempuan inspiratif lainnya di Jakarta. Sosok Ibu Ibukota pun diminta untuk memilih paket kelas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan diajar oleh para mentor berpengalaman di bidangnya. Kelas yang disiapkan antara lain Kelas Bicara, Kelas Bijak, dan serta Kelas Binar," ucapnya.

Anies Bakal Jadi Pembicara

Kemudian, Anies Baswedan turut serta memberikan materi keterampilan mentorship kepada para sosok Ibu Ibukota. Dia menyebut Anies dikenal sebagai sosok pemimpin dengan semangat kolaborasi.

"Kelas Bicara dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi dengan materi public speaking yang dibawakan oleh Hilbram Dunar, lalu dilanjutkan dengan materi kolaborasi cerdas yang dibawakan oleh Marulina Dewi. Kelas Bicara mendorong setiap sosok untuk semakin terampil dalam bercakap dan berkolaborasi dengan berbagai pihak sebagai upaya memperluas gerakan #AksiHidupBaik," jelasnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT