ADVERTISEMENT

Surya Darmadi Batal Diperiksa Hari Ini, Begini Respons KPK

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 19:57 WIB
Surya Darmadi (Wildan Noviansah/detikcom)
Surya Darmadi (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

KPK merespons batalnya pemeriksaan Surya Darmadi hari ini. Surya Darmadi dilarikan ke rumah sakit saat diperiksa oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) kemarin.

Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto, menyebut batalnya pemeriksaan KPK itu lantaran alasan kesehatan Surya Darmadi. Kendati demikian, KPK juga tak ingin memaksa melakukan pemeriksaan tersebut.

"Memang seharusnya dijadwalkan hari ini. Karena mungkin ada alasan teknis kendala Kesehatan, tersangka (Surya Darmadi) yang ada di Kejaksaan agung, ya, percuma saja kalau kita paksakan," kata Karyoto kepada wartawan, Jumat (19/8/2022).



Menurut Karyoto, jika dilakukan pemeriksaan terhadap Surya Darmadi, hal itu bakal berdampak pada berita acara. Kemudian, dia juga mempertimbangkan keberatan pengacara Surya Darmadi.

"Yang pertama, pasti pengacara keberatan. Yang kedua, berita acara dalam keadaan dipaksa pasti akan menjadi tidak sah," ujarnya.



Namun, Karyoto berharap pemeriksaan terhadap Surya Darmadi dapat segera dilakukan. Jika tak ada halangan, dia berharap Surya Darmadi dapat diperiksa minggu depan.

"Kita harap dalam beberapa hari ke depan ini. Kan masih ada hari, Jumat, Sabtu, Minggu. Senin mudah-mudahan, minggu depan sudah siap untuk dilakukan pemeriksaan," ujar Karyoto.

Selanjutnya, soal batalnya pemeriksaan Surya Darmadi oleh KPK hari ini:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT