ADVERTISEMENT

10 Jam Lebih Api di Pabrik Aluminium Bogor Belum Padam, Ini Kendalanya

M Sholihin - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 17:45 WIB
Kebakaran yang terjadi di pabrik di Cicadas, Gunung Putri, Kabupaten Bogor belum padam hingga sore ini. (dok Istimewa)
Kebakaran yang terjadi di pabrik di Cicadas, Gunungputri, Kabupaten Bogor, belum padam hingga sore ini. (dok Istimewa)
Bogor -

Kebakaran yang terjadi di pabrik di Cicadas, Gunungputri, Kabupaten Bogor, belum padam hingga sore ini. Petugas pemadam kebakaran (damkar) masih berjibaku memadamkan sisa-sisa api di bawah tumpukan material pabrik yang terbakar.

"Saat ini masih proses pendinginan, api masih ada di beberapa titik, posisinya menyebar. Kita masih standby. Belum, belum padam sepenuhnya," kata Komandan Regu Damkar Sektor Cileungsi, Rifaldi, saat dihubungi detikcom, Jumat (19/8/2022) pukul 16.40 WIB.

Rifaldi menyebut api masih muncul di beberapa titik di bawah tumpukan material bangunan pabrik yang terbakar. Banyaknya material bekas reruntuhan atap bangunan pabrik menyulitkan petugas menjangkau titik api.

"Titik api ada di beberapa titik ya, posisinya menyebar, ada di bawah tumpukan seng dan segala macamnya. Nah kesulitan kita itu menjangkau titik api, karena terhalang atap bangunan yang ambruk karena terbakar itu. Kendala lain kita itu air, karena harus keluar mencari pasokan air," ungkap Rifaldi.

Saat ini, lanjut Rifaldi, 5 unit mobil dan belasan anggota pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan sisa-sisa api.

"Di lokasi yang siaga ada 5 unit, unit-unit perbantuan lain sudah balik kanan, karena ini kan tinggal pendinginan saja ya. Yang masih stand by itu 2 unit pemadam dari Sektor Cileungsi, 1 unit Citereup, 1 unit Ciawi, 1 unit Ciomas," kata Rifaldi.

Pabrik di Gunungputri Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di pabrik Desa Cicadas, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, pagi tadi. Sempat terdengar ledakan dari dalam lokasi pabrik yang terbakar.

"Itu ada ledakan karena di sini ada semacam tabung untuk yang pengisian angin, kompresor," kata Komandan Sektor Damkar Cileungsi, Hendra, dihubungi wartawan, Jumat (19/8).

Hendra menyebut kebakaran yang menghanguskan bangunan pabrik itu terjadi sejak pukul 06.00 WIB. Sebanyak 20 unit pemadam kebakaran Kota/Kabupaten Bogor dan Kota Depok diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Penyebab kebakaran ini masih diselidiki. Belum dilaporkan juga soal adanya korban dalam peristiwa ini.

Minimnya pasokan air dan embusan angin yang kencang menjadi salah satu kendala saat proses pemadaman.

(jbr/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT