ADVERTISEMENT

Kebakaran di Gunung Putri Landa Pabrik, Berikut 5 Fakta Sejauh Ini

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 10:46 WIB
Kebakaran di Gunung Putri melahap sebuah pabrik aluminium foil. Peristiwa tersebut terjadi di Desa Cicadas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/8/2022).
Kebakaran di Gunung Putri Lahap Pabrik Aluminium Foil (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Kebakaran di Gunung Putri melahap sebuah pabrik aluminium foil. Peristiwa tersebut terjadi di Desa Cicadas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/8/2022).

Asap yang ditimbulkan akibat kebakaran ini cukup besar dan meluas ke daerah lainnya. Simak informasi selengkapnya terkait kebakaran pabrik di Gunung Putri.

Kebakaran di Gunung Putri: Pabrik PT MK Eks Harmoni

Kebakaran melanda pabrik pembuatan alumunium foil di Desa Cicadas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Laporan dari Kapolsek Gunung Putri Kompol Bayu Tri Nugraha menyebutkan jika kebakaran terjadi pada Jumat (19/8/2022) sekitar pukul 06.05 WIB pagi. Pabrik yang terbakar adalah PT MK eks Harmoni.

"Melaporkan hari ini Jumat tanggal 19 Agustus 2022 sekitar pukul 06.05 WIB telah terjadi Kebakaran di PT MK eks Harmoni Desa Cicadas RT 03/07 (pabrik pembuatan alumunium foil)," ucap Bayu dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/8/2022)

Petugas gabungan dari polsek hingga pemadam kebakaran langsung menuju lokasi untuk pemadaman api. Namun, penyebab kebakaran dan jumlah korban akibat kebakaran ini masih belum diketahui.

"Sampai saat ini sumber api dan kerugian beserta korban masih belum diketahui. Seluruh personel polsek di mako saat ini sedang di TKP untuk mengamankan TKP," kata Bayu.

Kebakaran di Gunung Putri melahap sebuah pabrik aluminium foil. Peristiwa tersebut terjadi di Desa Cicadas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/8/2022).Kebakaran di Gunung Putri melahap sebuah pabrik aluminium foil. Peristiwa tersebut terjadi di Desa Cicadas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/8/2022). (Foto: Istimewa)

Warga Sekitar Pabrik Diimbau untuk Mengungsi

Petugas Damkar terus berupaya untuk memadamkan api di pabrik alumunium foil yang kebakaran di Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Warga yang tinggal di dekat lokasi kebakaran pabrik diimbau untuk mengungsi terlebih dahulu.

"Lebih baik jangan dekat sekali dengan pabrik ini, lebih baik mengungsi dulu. Setelah kita evakuasi dan berikan pendinginan, supaya tidak terdampak. Takutnya di gedung ini sudah rapuh," kata Komandan Regu Damkar Kabupaten Bogor, Hendra, saat diwawancarai, Jumat (19/8/2022).

Hendra megatakan ada sebagian warga yang mengikuti imbauannya untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman dan menyelamatkan harta bendanya.

"Ada (warga yang menyelamatkan harta benda)," ucapnya.

Akibat kebakaran tersebut, dikhawatirkan hawa panas yang timbul akan berdampak ke permukiman warga.

20 Damkar Ikut Memadamkan Api

Relawan Bencana Heru menyebutkan ada 20 unit pemadam kebakaran yang berada di lokasi untuk melakukan pemadaman. Tidak hanya dari Kabupaten Bogor, unit pemadam kebakaran juga datang dari Kota Bogor dan Depok.

"Di lokasi sudah ada sekitar 20 unit (damkar) tadi ada dari Kota Bogor, daru Depok juga ada. Kalau yang Kabupaten Bogor kayanya semua sektor merapat ke sini," kata Heru.

Kendala Petugas Damkar Lakukan Pemadaman

Petugas Damkar sempat mengalami kendala saat memadamkan api di pabrik alumunium foil di Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kendala tersebut adalah tidak adanya sumber air.

"(Kendala) di sini kita untuk titik sumber airnya, karena di sini titik airnya sudah tidak ada, jarang," kata Komandan Regu Damkar Kabupaten Bogor, Hendra, kepada wartawan di lokasi, Jumat (19/8/2022).

Sehingga, petugas memanfaatkan hydrant air milik pabrik dan kolam air yang ada di lokasi untuk memadamkan api.

"Jadi kita minta ke pabrik, yang punya hydrant dan kolam air," lanjut Hendra.

Tak hanya itu, lokasi pabrik yang berada di dalam gang juga menyulitkan Damkar untuk menjangkau lokasi. Lokasi pabrik tersebut berada di kawasan padat penduduk.

"Karena di sini kendalanya juga di kawasan padat penduduk. Jadi mobil kita tidak dapat masuk ke dalam, tapi ada satu unit kecil kita yang bisa masuk. Hanya unit besar kita aja yang di depan pabrik TKP itu," ujar Hendra.

Kepulan Asap Pabrik Sampai Langit Depok

Asap kebakaran di Gunung Putri terlihat hingga langit Depok. Seorang warga Depok bernama Andi Nitinegoro merekam kepulan asap kebakaran berwarna hitam yang terlihat di Terminal Jatijajar, Depok.

"(Kepulan asap) terlihat dari Terminal Jatijajar sekitar pukul 06.00 WIB lewat," kata Andi kepada detikcom, Jumat (19/8/2022).

Simak video 'Kebakaran Melahap Pabrik Alumunium Foil di Gunung Putri Bogor':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT