ADVERTISEMENT

83 Polisi Diperiksa Terkait Brigadir J, 35 Direkomendasikan Dikurung

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 14:22 WIB
Tim supervisi Mabes Polri di bawah pimpinan Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto mengecek Operasi Ketupat Semeru di Jawa Timur. Agung mengingatkan petugas agar meningkatkan pengamanan di tempat wisata hingga mal
Foto Komjen Agung Budi Maryoto (Foto: dok. Polda Jatim)
Jakarta -

Polri mengatakan saat ini jumlah anggota yang diperiksa terkait kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J ada 83 orang. Dari jumlah itu, 35 orang direkomendasi ditempatkan di tempat khusus (patsus) Mako Brimob, Depok.

"Timsus khususnya pemeriksaan khusus per hari ini kita telah melakukan pemeriksaan khusus terhadap anggota kita sebanyak 83 orang. Yang sudah direkomendasi ke patsus sebanyak 35 orang," ujar Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (19/8/2022).

Agung mengatakan sebelumnya ada 18 anggota yang dipatsus, namun kini menjadi 15 anggota. Sebab, tiga orang lainnya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Yang sudah melaksanakan patsus yang sudah melaksanakan patsus sebanyak 18, tapi berkurang 3, yaitu satu FS karena sudah tersangka, RR juga sudah jadi tersangka, dan RE kan sudah menjadi tersangka," jelasnya.

Agung juga mengatakan, dari 15 orang yang diperiksa dan dipatsus itu, polisi menyatakan enam anggota melakukan tindak pidana. Enam anggota disebut menghalangi penyidikan kasus Brigadir Yoshua.

"Kemudian dari personel yang sudah dipatsuskan 15 orang, penyidik melakukan pemeriksaan mendalam, maka terdapat 6 orang yang patut diduga melakukan tindak pidana, yaitu obstruction of justice, menghalangi penyidikan," ucap Agung.

Simak Video: Kapolri: Usai Insiden Duren Tiga, Kepercayaan Publik ke Polri Anjlok!

[Gambas:Video 20detik]




(zap/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT