ADVERTISEMENT

5 Cara Anak Muda Mengisi Kemerdekaan

Tim berbuatbaik.id - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 13:32 WIB
Para pahlawan telah mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan bangsa. Ada beberapa cara yang bisa diikuti oleh anak-anak muda untuk mengisi kemerdekaan.
5 Cara Anak Muda Mengisi Kemerdekaan (Foto: berbuatbaik.id)
Jakarta -

Hari kemerdekaan menjadi peristiwa yang membekas sepanjang. Pasalnya kemerdekaan adalah hasil perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga mereka demi kebebasan bangsa. Kini anak-anak muda bisa ikut mengupayakan beberapa cara untuk menghargai jasa para pahlawan lho.

Yuk, simak beberapa cara anak-anak muda mengisi kemerdekaan dilansir dari detik.com berikut ini!

1. Mengikuti Upacara Bendera

Hampir seluruh sekolah di segala penjuru Indonesia tentunya memberlakukan upacara bendera setiap hari Senin. Upacara bendera tidak boleh dianggap sepele lho, khususnya upacara pada hari kemerdekaan. Adapun tujuan upacara bendera, yaitu untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme di kalangan anak-anak muda agar tumbuh perasaan bangga terhadap tanah air mereka.

2. Belajar dengan Tekun

Belajar adalah kewajiban dasar yang dimiliki setiap pelajar. Belajar dengan tekun merupakan salah satu bentuk menghargai jasa para pahlawan karena generasi muda diharapkan dapat menjamin masa depan bangsa yang lebih cerah. Dengan belajar tekun, generasi muda dapat meningkatkan integritas diri dengan menambah ilmu, kemampuan berpikir kritis, dan lain-lain demi kemajuan bangsa, sehingga bangsa kita dapat setara dengan bangsa-bangsa dari negara-negara maju.

Para pahlawan telah mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan bangsa. Ada beberapa cara yang bisa diikuti oleh anak-anak muda untuk megisi kemerdekaan.Para pahlawan telah mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan bangsa. Ada beberapa cara yang bisa diikuti oleh anak-anak muda untuk mengisi kemerdekaan. (Foto: berbuatbaik.id)

3. Toleransi dengan Berpegang pada Prinsip Bhinneka Tunggal Ika

Indonesia terdiri atas beragam suku, ras, dan agama. Makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika harus ditanamkan dalam jiwa anak-anak muda dalam negeri agar mereka dapat toleransi terhadap sesama. Keberagaman terjadi dalam kehidupan sehari-hari, contohnya perbedaan suku dan agama di lingkungan sekolah. Hal kecil yang dapat dilakukan anak-anak muda atau pelajar terhadap keberagaman, misalnya tidak pilih-pilih teman berdasarkan suku atau agama mereka, menghargai apabila ada teman yang sedang beribadah, menghargai perbedaan bahasa daerah dengan teman yang berbeda daerah, dan lain sebagainya.

4. Menaati Tata Tertib Sekolah dan Disiplin

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti menemukan adanya aturan atau tata tertib sesuai dengan tempat dan situasi masing-masing. Tata tertib diberlakukan untuk terciptanya ketentraman, keselarasan, dan mengetahui kewajiban dari masing-masing pihak atau individu agar suatu sistem dapat berjalan dengan baik.

Contoh paling umum adanya tata tertib adalah tata tertib di sekolah. Tata tertib seperti menggunakan seragam sesuai hari, memakai sepatu hitam, tidak merokok di lingkungan sekolah, tidak membuang sampah sembarangan, dan lain-lain wajib dipatuhi oleh seluruh siswa. Oleh karena itu, siswa dapat belajar untuk lebih disiplin dalam kehidupan sehari-hari dengan dimulai dari menaati tata tertib sekolah.

5. Berlaku Jujur dalam Setiap Kata dan Perbuatan

Berlaku jujur bukan hanya kewajiban bagi anak-anak muda, namun juga seluruh umat manusia. Manfaat berlaku dan berkata jujur bisa kamu rasakan apabila sudah kamu biasakan sejak kecil. Adapun hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan perilaku jujur seperti mengakui kesalahan, tidak curang, menunjukkan emosi yang sesungguhnya, melakukan hal yang benar, memberikan kritik yang membangun kepada orang lain, dan masih banyak lagi.

Jadi inilah cara yang dapat dilakukan anak-anak muda untuk mengisi kemerdekaan. Cara-cara ini tidak sulit dilakukan lho, kamu bisa mulai dari lingkungan sekolah terlebih dahulu. Kendati demikian, ternyata masih banyak anak-anak di luar sana yang masih belum mendapat hak pendidikan seperti lainnya.

Untuk membantu anak-anak ini menuntut ilmu, kamu bisa bantu dengan Donasi sekarang juga lewat berbuatbaik.id di sini. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya. Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT