ADVERTISEMENT

Cerita Juru Bahasa Isyarat 'Ojo Dibandingke' Sempat Tak Tahu Ada Farel

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 11:57 WIB
Winda Utami (dok. Instagram Winda Utami)
Winda Utami (dok. Instagram Winda Utami)
Jakarta -

Bukan hanya Farel Prayoga yang berhasil memeriahkan acara hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka. Ada juga sosok Winda Utami yang viral karena menerjemahkan lagu 'Ojo Dibandingke' yang dinyanyikan Farel ke dalam bahasa isyarat.

Winda Utami saat itu bertugas sebagai penerjemah bahasa isyarat dalam momen acara HUT RI ke-77 di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). Utami ditugaskan untuk sebisa mungkin menerjemahkan semua kegiatan dalam acara itu agar bisa dipahami oleh teman tuli.

Namun siapa sangka, aksi Winda saat menerjemahkan lagu 'Ojo Dibandingke' yang dilantunkan oleh Farel Prayoga justru menjadi viral. Cara Winda menggerakkan tangan untuk membentuk isyarat dan sesekali diselingi joget berhasil menarik perhatian warganet.

Winda pun menceritakan pengalamannya kepada detikcom, Jumat (19/8/2022), tentang pengalamannya menerjemahkan lagu 'Ojo Dibandingke' ini ke dalam bahasa isyarat. Perempuan lulusan Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta ini mengaku bahwa aksinya itu dilakukan secara spontan saja.

"Untuk case lagu 'Ojo Dibandingke', itu spontan. Di rundown yang saya terima nggak ada. Tapi karena saya sering dengar lagunya, jadi ya lanjut aja," kata Winda.

Winda mengaku yang ada dalam geladi resik hanya kegiatan upacara. Namun ia sama sekali tak tahu bahwa nantinya Farel Prayoga akan diundang untuk menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke'.

"Kalau geladi resik ada. Tapi geladi resik upacara. Bukan penyanyi. Tapi untuk case lagu Farel, saya nggak tahu sama sekali," ujarnya.

Dia lantas mengungkap kendalanya selama menjadi penerjemah bahasa isyarat dalam acara ini. Dia awalnya takut salah karena ini acara besar.

"Adapun kendalanya, untuk acaranya, namanya acara besar dan penting agak takut salah juga terutama saat pidato atau ucapan dari mantan presiden dan wakil. Tapi alhamdulillah aman. Untuk lagu, karena nggak tahu ada lagu itu, jadi nggak sempat konsultasi dulu ke teman tuli," ujarnya.

Bagi Winda, pengalaman menerjemahkan lagu ke dalam bahasa isyarat ini bukanlah pengalaman pertama. Sebelumnya, ia juga pernah menerjemahkan lagu-lagu lain.

"Lagu dari band Gigi ada di Instagram saya. Opick Tombo Ati, Maliq and D'essentials, dan Reza Artamevia," ujarnya.

Winda pun bersyukur karena viral ini. Bahkan Winda mendapat uang dari warganet yang terpesona oleh aksinya berjoget bahasa isyarat itu.

"Alhamdulillah sudah ditransfer (uang). Tolong sampaikan ucapan terima kasih saya sebesar-besarnya untuk Gus Irfan atas apresiasinya," tuturnya.

Lihat juga video 'Penampilan Farel Prayoga di Istana Negara Sudah Didaftarkan ke HAKI':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT