ADVERTISEMENT

Petugas Terkendala Sumber Air Padamkan Kebakaran di Pabrik Gunung Putri

M Solihin - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 09:52 WIB
Kebakaran pabrik alumunium foil di Gunung Putri, Bogor.
Kebakaran pabrik aluminum foil di Gunung Putri, Bogor. (Foto: dok. Istimewa)
Bogor -

Petugas Damkar masih berjibaku memadamkan api di pabrik aluminum foil di Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Petugas terkendala memadamkan api karena tidak ada sumber air.

"(Kendala) di sini kita untuk titik sumber airnya, karena di sini titik airnya sudah tidak ada, jarang," kata Komandan Regu Damkar Kabupaten Bogor Hendra kepada wartawan di lokasi, Jumat (19/8/2022).

Petugas memanfaatkan hidran milik pabrik dan kolam air yang ada di lokasi untuk memadamkan api.

"Jadi kita minta ke pabrik, yang punya hidran dan kolam air," katanya.

Di samping itu, lokasi pabrik yang berada di dalam gang juga menyulitkan unit Damkar menjangkau lokasi. Lokasi pabrik juga berada di kawasan padat penduduk.

"Karena di sini kendalanya juga di kawasan padat penduduk. Jadi mobil kita tidak dapat masuk ke dalam, tapi ada satu unit kecil kita yang bisa masuk. Hanya unit besar kita aja yang di depan pabrik TKP itu," tuturnya.

Warga Diimbau Mengungsi

Sementara itu, Hendra mengimbau warga yang tinggal di dekat lokasi kebakaran pabrik untuk mengungsi terlebih dahulu ke tempat yang lebih aman.

"Lebih baik jangan dekat sekali dengan pabrik ini, lebih baik mengungsi dulu. Setelah kita evakuasi dan berikan pendinginan, supaya tidak terdampak. Takutnya di gedung ini sudah rapuh," imbuhya.

Saat ini 20 unit Damkar sudah dikerahkan ke lokasi. Petugas masih melakukan upaya pemadaman api di pabrik aluminum foil tersebut.

"Sementara ini yang sudah kita turunkan perkiraan 20 unit. Untuk saat ini masih ada penambahan bantuan dari sektor-sektor lain," tuturnya.

Hingga pukul 09.16 WIB, api masih berkobar dan menimbulkan asap hitam pekat. Kebakaran terjadi sejak pukul 06.00 WIB tadi pagi.

Lihat video 'Kebakaran Melahap Pabrik Aluminum Foil di Gunung Putri Bogor':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT