ADVERTISEMENT

DKI Siapkan Bank Lahan di Rorotan, Luas Capai 500 Hektare

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 22:27 WIB
Ahmad Riza Patria
Ahmad Riza Patria (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan bank lahan atau land banking di kawasan Rorotan, Jakarta Timur. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan rencananya luas lahan yang disiapkan sebesar 500 hektare yang mendukung jalannya program Pemprov DKI.

"Memang di situ (Rorotan) sedang dipersiapkan sebagai bank tanah (land banking). Tentu banyak program nanti akan disiapkan di sana. Di situ kan kurang lebih diharapkan bisa sampai 500 hektare," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (18/8/2022)

Politikus Gerindra itu menuturkan nantinya lahan tersebut bisa diperuntukkan untuk menjalani berbagai macam program kerja Pemprov DKI. Misalnya, membangun ruang terbuka hijau hingga menyiapkan permukiman warga.

"Peruntukannya banyak sekali. Pertama, kebutuhan kita apa sih di Jakarta ini, satu perumahan, itu membutuhkan lahan. Dua ruang terbuka hijau membutuhkan lahan, taman di situ," jelasnya.

"Kemudian apalagi seperti umpamanya kepentingan pengendalian banjir butuh waduk dan kebutuhan lainnya dan sebagainya," sambungnya.

Di sisi lain, Riza mengaku pihaknya belum bisa menghitung besaran biaya pengadaan lahan karena harganya kerap mengalami kenaikan. Prinsipnya, pihaknya terus berupaya menyiapkan kebutuhan lahan untuk memenuhi kebutuhan Kota Jakarta.

"Kalau biaya pengadaan lahan itu kan nggak bisa dihitung sekarang (karena) setiap tahun ada peningkatan. Prinsipnya kita punya niat baik untuk terus melakukan perluasan daripada RTH, perluasan taman pemakaman juga," tandasnya.

(taa/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT