LPSK Harap Bharada E Ditempatkan di Rutan Khusus karena Berstatus JC

ADVERTISEMENT

LPSK Harap Bharada E Ditempatkan di Rutan Khusus karena Berstatus JC

Dwi Rahmawati - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 15:02 WIB
Bharada Richard Eliezer, Bharada Eliezer, Bharada E
Bharada Richard Eliezer (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yoshua, Bharada E alias Richard Eliezer, masih menjalani penahanan di Bareskrim Polri. LPSK menilai ada baiknya tahanan yang berstatus justice collaborator (JC) ditempatkan di rumah tahanan (rutan) khusus.

Juru bicara LPSK, Rully Novian, mengatakan idelanya ada rumah tahanan khusus untuk justice collaborator. Penempatan yang terpisah akan memudahkan LPSK melakukan pengamanan.

"Sebetulnya memang, idealnya bahwa ke depan ada semacam rumah tahanan khusus bagi JC (justice collaborator) dan itu pasti akan memudahkan pengamanan perlindungan yang dilakukan LPSK. Itu diharapkan ke depan seperti itu," papar Rully Novian di kantor LPSK, Ciracas, Jakarta Timur.

Rully menyebut tim LPSK sudah melakukan pengamanan ke Bharada E sejak Jumat (12/8) usai diberi perlindungan darurat. Pengawalan serta pengamanan Bharada E telah dipantau.

"LPSK sudah menempatkan pengamanan pengawalan yang sementara kita koordinasikan dengan Bareskrim, tapi orang-orang LPSK, pamwal-nya LPSK," kata Rully.

Untuk saat ini, lanjut Rully, LPSK belum mempunyai rumah tahanan tersendiri. Namun, terkait adanya rutan di bawah LPSK sudah sempat diwacanakan.

"Waktu itu pernah, sudah kita sampaikan wacana itu tentang kemungkinan adanya rutan di bawah LPSK. Tapi tetap cabangnya, cabang rutan mana yang secara administrasi memang tetap menjadi kewenangan Dirjen PAS (Direktorat Jenderal Permasyarakatan)," ungkapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT