ADVERTISEMENT

Revitalisasi Selesai, Halte GBK Beroperasi dengan Wajah Baru

Silvia Ng - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 14:33 WIB
Wajah baru Halte Gelora Bung Karno (GBK) Senayan
Wajah baru Halte GBK, Senayan (Silvia Ng/detikcom)
Jakarta -

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah merampungkan Halte Bus Rapid Transit (BRT) Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Halte ini hadir dengan kapasitas yang lebih besar.

Tidak hanya itu, wajah baru Halte GBK ini dilengkapi pula oleh berbagai fasilitas mulai dari mesin gate, Wi-Fi, musala, kamera pengawas atau CCTV, passenger information system (PIS), hingga toilet dan toilet aksesibel yang dapat digunakan oleh pelanggan TransJ.

"Harapannya bisa meningkatkan kenyamanan pelanggan saat menggunakan layanan kami," kata Kepala Divisi Sekretaris dan Humas PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Anang Rizkiani Noor, dalam keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (18/8/2022), pukul 12.40 WIB, pada sisi sebelah kanan halte terdapat ramp yang dapat membantu pelanggan TransJ turun dari bus, khususnya bagi penumpang disabilitas.

Di area halte, tampak beberapa kru kontraktor yang masih memantau halte yang baru saja rampung ini. Fasilitas toilet yang ada di Halte GBK ini terlihat masih belum dapat digunakan lantaran pihak kontraktor masih menguras toren air di halte tersebut.

Pelaksana Mechanical Electrical PT Wijaya Karya (Wika) Halte GBK Nanda menyebutkan pihaknya akan terus melakukan pemantauan hingga tiga bulan ke depan.

"Kalau untuk tahap serah terima sih tiga bulan. Jadi jatuhnya kayak maintenance," kata dia saat diwawancarai detikcom, Kamis (18/8/2022).

Wajah baru Halte Gelora Bung Karno (GBK) SenayanWajah baru Halte Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. (Silvia Ng/detikcom)

Salah seorang pelanggan TransJ, Bowo (40), membenarkan bahwa Halte GBK ini terasa lebih luas dari yang sebelumnya.

"Sudah cukup bagus dan terasa lebih lebar dari sebelumnya, terus sign gate-nya keliatan dan terbaca dengan jelas jadi buat memudahkan penumpang," kata Bowo saat diwawancarai di Halte GBK, Jakarta Pusat.

Tiara (21) juga merasakan hal yang sama, nomor rute yang ada pada masing-masing pintu dirasa jelas terlihat.

"Halte GBK ini bagus sih berbeda dengan halte yang lain soalnya dia lebih luas dan lebih bersih, terus lebih tertata juga untuk nomor-nomornya (sign gate) ini juga jelas," kata Tiara.

Sementara itu, pelanggan lainnya, Audrey (21), selain merasa Halte GBK ini lebih luas, dia mengatakan fasilitas toilet yang ada di halte ini mempermudah pelanggan.

"Saya sebenarnya baru pertama kali ke halte ini, terus pas ngeliat ini (Halte GBK) keren juga ada toiletnya. Jadi mempermudah juga kan, apalagi juga ada toilet disabilitasnya, lebih luas juga," ujar Audrey.

Untuk diketahui, Halte Gelora Bung Karno merupakan satu dari 46 halte TransJ yang direvitalisasi pada 2022 yang seluruhnya ditargetkan rampung pada Oktober mendatang.

Simak juga Video: Menhub Ke Jepang Percepat Pembangunan Infrastruktur Transportasi

[Gambas:Video 20detik]




(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT