ADVERTISEMENT

Legislator PD Minta TNI Tindak Tegas Brigjen NA Penembak Mati Kucing

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 14:10 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Demokrat Rizki Aulia Rahman (Nahda Rizki Utami/detikcom).
Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Demokrat Rizki Aulia Rahman (Nahda Rizki Utami/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Demokrat Rizki Aulia Rahman mengecam pelaku penembakan sejumlah kucing di area Sesko TNI, Bandung, yang merupakan seorang jenderal bintang satu berinisial NA. Rizki meminta Brigjen NA ditindak tegas atas perbuatannya itu.

"Kami mengharapkan satuan TNI di bawah kepemimpinan Pak Panglima Pak Andika bisa menindak tegas para pelaku dalam aspek apapun terutama di sini penembakan kucing," kata Rizki kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Rizki mengapresiasi langkah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang memperhatikan dan mengusut kasus itu. Dia juga menyayangkan adanya aksi penembakan Brigjen NA terhadap sejumlah kucing itu.

"Dari Komisi I dari Fraksi Demokrat menyayangkan adanya berbagai indikasi bahwa ada tindakan indisipliner yang dilakukan oleh sebagian oknum di TNI, tapi di sisi lain kami juga mengapresiasi langkah Panglima TNI yang turut memperhatikan masalah terkait dengan penjagaan citra dari TNI itu sendiri," ujarnya.

Rizki meminta kasus penembakan kucing yang dilakukan oleh Brigjen NA dapat diusut tuntas. Dia berharap jangan sampai ada oknum yang bertindak indisipliner dan merusak citra satuan TNI.

"Tentu kita harapkan jangan sampai karena ada segelintir oknum, segelintir orang dalam satuan TNI yang bertindak indisipliner bisa merusak secara utuh citra dari satuan TNI itu sendiri," ujar Rizki.

Rizki mendorong satuan TNI mengadakan evaluasi terkait penggunaan senjata secara konsisten. Hal itu agar dapat menjaga kedisiplinan dari para anggota TNI.

"Tentu kami mendorong TNI untuk bisa mengadakan evaluasi secara konsisten. Jadi evaluasi bukan per tahun, evaluasi bukan per bulan, tapi terus bisa ditekankan untuk bisa menjaga kedisiplinan dari anggota TNI itu sendiri," katanya.

Lebih lanjut, Rizki menyebut Komisi I akan segera mengadakan rapat kerja (raker) bersama Panglima TNI dan seluruh mitra bidang pertahanan. Dalam rapat nanti, dia menyebut, akan disampaikan peristiwa penembakan kucing ini untuk selanjutnya didalami dan dievaluasi.

"Sedang dibahas dalam rapat internal. Minggu depan kita sudah mulai tentu dibagi jadwalnya dengan mitra terkait di Komisi I, tapi dalam waktu dekat minggu-minggu depan kita bisa menjalankan rapat dengan bidang pertahanan juga TNI," imbuh Rizki.

Diketahui, TNI mengungkap penembakan sejumlah kucing di area Sesko TNI, Jalan RAA Martanegara, Bandung, Jawa Barat (Jabar), dilakukan oleh seorang jenderal bintang satu. Terungkapnya identitas penembakan ini berawal dari perintah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Menindaklanjuti perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kemarin siang (Rabu 17 Agustus 2022) untuk menyelidiki dugaan penganiayaan terhadap beberapa ekor kucing di lingkungan Sesko TNI, Bandung, tadi malam Komandan Sesko TNI dan Tim Hukum TNI membenarkan bahwa Brigjen TNI NA (anggota organik Sesko TNI) telah menembak beberapa ekor kucing," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Prantara Santosa dalam keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

Prantara mengatakan Brigjen NA menembak kucing-kucing tersebut dengan senapan angin miliknya. Penembakan dilakukan pada Selasa (16/8) siang.

"Menggunakan senapan angin milik pribadi pada Selasa siang kemarin (16 Agustus 2022), sekitar jam 13.00 WIB," ucap Prantara.

Sebelumnya, salah satu rumah singgah hewan telantar mengunggah video sejumlah bangkai kucing dalam kondisi mengenaskan di akun Instagramnya. Pengunggah juga menyertakan keterangan kucing-kucing tersebut mati karena ditembaki di area Sesko TNI, Jalan RAA Martanegara, Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Dari video yang diunggah, tampak empat bangkai kucing dievakuasi perekam. Terdengar juga suara isak tangis.

"Ini pelurunya nyangkut ini di kepala ini. Luar biasa manusia kayak begitu," kata perekam.

Simak Video: Pelaku Penembakan Kucing di Sesko TNI Ternyata Jenderal Bintang Satu

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT