ADVERTISEMENT

Pakaian Adat Jokowi 17 Agustus 2022, Ini Serba-serbi Baju Adat Dolomani

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 12:36 WIB
Pakaian adat Jokowi saat 17 Agustus 2022 adalah pakaian adat Dolamani. Baju adat tersebut berasal dari Buton, Sulawesi Tenggara. Simak serba-serbinya di sini.
Pakaian Adat Jokowi 17 Agustus 2022, Ini Serba-serbi Baju Adat Dolomani (Foto: Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pakaian adat Jokowi saat 17 Agustus 2022 kemarin menarik perhatian masyarakat. Pada peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Dolamani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Tidak hanya Jokowi, ibu negara Iriana Jokowi juga mengenakan pakaian adat Buton yang berpasangan dengan Jokowi. Simak serba-serbi menarik terkait pakaian adat Jokowi saat upacara 17 Agustus 2022 di Istana Negara, Jakarta.

Pakaian Adat Jokowi 17 Agustus 2022: Baju Adat Dolomani

Presiden RI Jokowi beserta Iriana Jokowi memakai pakaian adat saat upacara peringatan Kemerdekaan ke-77 Indonesia, Rabu (17/8/2022). Kali ini, Jokowi dan Iriana mengenakan baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton," kata Jokowi jelang upacara HUT RI di Istana, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022).

Saat ditanya mengenai makna baju adat tersebut, Jokowi meminta agar menanyakan langsung ke Buton.

"Maknanya dicari ke Buton," kata Jokowi.

Pakaian adat Jokowi saat 17 Agustus 2022 adalah pakaian adat Dolamani. Baju adat tersebut berasal dari Buton, Sulawesi Tenggara. Simak serba-serbinya di sini.Pakaian adat Jokowi saat 17 Agustus 2022 beserta Ibu Iriana Jokowi adalah baju adat Dolamani dari Buton, Sulawesi Tenggara. (Foto: Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Ide Jokowi Kenakan Pakaian Adat Saat HUT RI

Tak hanya Jokowi, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju juga menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan jika memakai baju adat saat HUT RI itu adalah ide langsung dari Jokowi.

"Idenya dari beliau untuk bisa para pejabat/menteri bisa melestarikan sambil merayakan hari bersejarah," kata Heru kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Heru menjelaskan pemakaian baju adat itu untuk melestarikan budaya Indonesia. Selain itu, baju adat sebagai kekayaan budaya Indonesia juga tidak boleh dicuri negara lain.

"Supaya kita bisa melestarikan mempromosikan menyampaikan kepada dunia luar bahwa kita memiliki nilai historis yang tinggi, seni yang tinggi dan patut dan wajar dilestarikan. Termasuk tidak boleh di-copy negara lain. Ini loh kami kita negara RI punya baju adat dan harus dipromosikan," kaya Heru.

Serba-serbi Baju Adat Jokowi dan Iriana Jokowi

Seperti diketahui, Presiden Jokowi memakai pakaian adat Dolomani milik Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara saat peringatan Kemerdekaan ke-77 Indonesia. Baju adat tersebut terdiri dari:

  • Baju
  • Celana
  • Sarung
  • Kopiah (Penutup Kepala).

Dilansir situs indonesia.go.id, baju adat Dolomani terdiri dari jubah merah dengan ornamen putih di pinggirannya. Kemudian, Jokowi mengenakan kotango, yaitu baju dalaman berupa kemeja putih gading berhias payet. Jokowi juga memakai celana merah dengan ornamen senada seperti di jubahnya.

Jokowi memakai kopiah bundar merah dengan ornamen putih dan sarung cokelat putih menutupi bagian atas celana panjangnya. Senjata badik atau ewanga juga terselip di pinggang Jokowi dan diperkuat dengan sulepe atau ikat pinggang logam. Tak ketinggalan, Jokowi menggenggam sebuah katuko atau tongkat kayu berukuran 1 meter sebagai tanda seorang pemimpin.

Di samping itu, Iriana Jokowi memakai baju adat Buton berwarna biru lengkap dengan ornamen di kepala dan songket serta kain tenun.

Makna Baju Adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara

Masih dikutip dari situs indonesia.go.id, pakaian adat Jokowi pada 17 Agustus 2022, yakni baju adat Dolomani sering dipakai oleh Sultan Buton ke-35, Sultan Muhamad Ali. Pakaian ini aslinya berwarna serba hitam dan hanya digunakan saat acara-acara resmi kesultanan. Khusus untuk yang dipakai Jokowi saat Hari Kemerdekaan RI 2022, pakaian adat Dolomani dibuat dalam warna merah dan putih.

Ada beragam makna dalam baju adat Dolomani, salah satunya sulaman motif bunga rongo yang melambangkan perjalanan seorang pemimpin. Untuk menjadi seorang pemimpin, semuanya bermula dari bawah, lalu naik ke atas. Kemudian, ia akan turun lagi ke bawah menjadi rakyat biasa. Ada pula ornamen tumbuhan dengan buah yang manis, tetapi gatal. Hal ini menggambarkan bahwa pemimpin harus waspada terhadap bahaya yang mengancam daerahnya.

Penutup kepala dengan ornamen bunga memiliki kaligrafi bertuliskan "Maulana" yang bermakna seorang pemimpin harus mampu membawa kesejahteraan. Ia juga harus amanah dan mengutamakan kepentingan rakyat daripada pribadi. Pada sisi kanan dan kiri baju, dilengkapi sulaman ornamen ake yang gambar dua ekor burung sambil memandang ke kiri dan kanan. Maknanya adalah seorang pemimpin harus selalu waspada terhadap bahaya yang mengancam negeri yang dipimpinnya.

Lihat video 'Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton untuk HUT ke-77 RI':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT