ADVERTISEMENT

Resmikan 12 Rusunawa di DKI, Anies Minta Warga Rusun Jaga Kerukunan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 12:22 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menitipkan pesan kepada para penghuni 12 rusunawa DKI Jakarta yang baru diresmikan hari ini. Anies meminta agar sesama penghuni rusun saling menjaga kerukunan dan membangun suasana persaudaraan.

Pesan ini disampaikan Anies saat menghadiri acara peresmian 12 rusunawa di Rusunawa Penjaringan, Jakarta Timur, pada Kamis (18/8/2022). Acara ini turut dihadiri perwakilan penghuni 12 rusunawa di Jakarta.

"Pesan saya adalah yang tinggal di sini untuk tinggal bersama sebagai sebuah masyarakat yang bersaudara. Jangan berharap tetangganya sempurna. Tidak ada tetangga sempurna," kata Anies Baswedan di Rusunawa Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (18/8/2022).

Anies mengaku kerap mendengar laporan seputar konflik bertetangga di sejumlah rusunawa. Atas hal ini, dia mewanti-wanti jangan sampai pengelola turun tangan demi mendamaikan penghuninya.

"Saya pun udah dengar banyak laporan macam-macam selama beberapa tahun ini. Iya kan? Nah Bapak Ibu bangunlah suasananya tenang teduh, karena Bapak Ibu akan bertetangga dengan mereka bertahun-tahun," ucapnya.

"Kalau ada kurang kurang sedikit, dimaafin. Kalau ada salah salah sedikit dimaafin. Kalau ada sesuatu yang kurang cocok, diomongkan baik baik. Jangan begini, ketemu senyum, selesai ketemu aduh tetangga ini masalah," sambungnya.

Mantan Menteri Pendidikan RI itu memandang pemerintah berkewajiban menyediakan hunian layak bagi warganya. Kendati begitu, yang bisa membangun persaudaraan hanyalah penghuni rusun semata.

Permintaan Anies itu langsung disanggupi oleh perwakilan penghuni rusunawa yang hadir dalam acara hari ini.

"Yang bisa membangun persaudaraan adalah penghuni rusun ini. Jadi pesan saya bapak ibu tanggung jawab bikin suasananya jadi tenang teduh, bisa?" jelasnya.

"Bisa," jawab penghuni rusunawa.

"Sanggup?" tanya Anies lagi.

"Sanggup," balas penghuni rusunawa.

Sebagaimana diketahui, 12 rusunawa yang diresmikan hari ini terdiri dari 33 tower dan 7.421 unit yang telah dibangun maupun direvitalisasi sejak 2018. Berikut daftar lokasinya:

1. Revitalisasi Rusunawa Penjaringan Jakarta Utara
2. Revitalisasi Rusunawa Karanganyar Jakarta Pusat
3. Revitalisasi Rusunawa Cipinang Besar Utara Jakarta Timur
4 Rusunawa Pulogadung Jakarta Timur
5. Rusunawa Ujung Menteng Jakarta Timur
6. Rusunawa Cakung Barat Jakarta Timur
7. Rusunawa Pulo Jahe Jakarta Timur
8. Rusunawa Padat Karya
9. Rusunawa Kelapa Gading Timur Jakarta Utara
10. Rusunawa Pantai Indah Kapuk
11. Rusunawa Pulo Gebang Jakarta Timur
12. Rusunawa Daan Mogot Jakarta Barat

Lihat juga video 'Pekat Debu Batu Bara di Udara Marunda':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT