ADVERTISEMENT

Tiba di Penjaringan Jakut, Anies Bakal Resmikan 12 Rusunawa di DKI

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 09:12 WIB
Anies di rusunawa, Penjaringan, Jakut
Anies di Rusunawa Penjaringan, Jakut (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Penjaringan, Jakarta Utara. Di lokasi ini, Anies akan meresmikan 12 lokasi rusunawa di Ibu Kota.

Pantauan detikcom di Rusunawa Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (18/8/2022), Anies tiba pukul 08.15 WIB. Rusunawa ini merupakan salah satu rusunawa yang bakal diresmikan hari ini.

Anies didampingi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria beserta jajaran Pemprov DKI Jakarta. Kedatangan ke lokasi disambut oleh anak-anak TK sekitar Penjaringan.

Mereka tampak membawa bendera plastik sambil membawa papan kecil bertuliskan impian masing-masing. Anak-anak bergantian salim ke Anies.

Mantan Mendikbud itu juga meninjau sejumlah fasilitas di Rusunawa Penjaringan sebelum acara peresmian dimulai, di antaranya Halte TransJakarta Penjaringan, unit rusunawa, serta lapak UMKM.

Rusunawa ini juga dilengkapi dengan lift, lapangan olahraga, serta kantor Bank DKI. Anies pun dijadikan sasaran selfie para penghuni rusunawa.

Sebelumnya, Anies Baswedan memamerkan capaian pembangunan rusunawa selama empat tahun terakhir. Tercatat, sebanyak 33 tower rusunawa yang terdiri atas 7.000 unit yang dibangun sejak 2018.

Hal itu dipaparkan Anies dalam acara peluncuran Logo JAKHABITAT dan Peresmian Galeri Huni JAKHABITAT pada Selasa (16/8/2022). Sebagai informasi, JAKHABITAT merupakan bentuk sistem integrasi berbagai program penyediaan hunian layak di Jakarta.

Anies mengatakan penyediaan hunian rusunawa selama empat tahun terakhir mencapai rekor tertinggi dibandingkan periode sebelumnya.

"Penyediaan hunian rusunawa yang dalam empat tahun ini bisa dibilang rekor yang pernah terbangun selama ini. Terbangun 33 tower dalam periode 2018-2022," kata Anies di Taman Martha Tiahahu Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (16/8/2022).

"Membangun 33 tower di periode empat tahun itu adalah kerja yang luar biasa. Kita pantas beri tepuk tangan untuk semua yang terlibat dan berhasil dibangun dari situ 7.419 unit," sambungnya.

Selain itu, Anies menuturkan pihaknya menyiapkan Program Rumah DP Nol Rupiah, yang merupakan wujud dari salah satu janji kampanyenya sewaktu Pilkada 2017.

Sampai saat ini, telah terbangun 3.000 unit rumah DP nol rupiah selama empat tahun belakangan. Bahkan, dalam waktu dekat ini, dirinya bakal meresmikan Rumah DP Rp 0 rupiah yang berlokasi di Nuansa Pondok Kelapa dan Cilangkap, Jakarta Timur.

Lihat juga video 'Anies: Republik Ini Dibangun Bukan dengan Program Tapi dengan Gerakan':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT