ADVERTISEMENT

35 Persen Jalan Kabupaten Pandeglang Banten Masih Rusak

Aris Rivaldo - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 11:52 WIB
Kondisi jalan rusak di Kabupaten Pandeglang, Banten.
Salah satu kondisi jalan rusak di Kabupaten Pandeglang. (dok. istimewa)
Pandeglang -

Kabupaten Pandeglang, Banten, masih mengalami masalah kerusakan jalan. Dari 723 kilometer, sepanjang 200 kilometer atau sekitar 35 persen jalan masih dalam keadaan rusak.

"Total jalan kabupaten 723 kilometer. Nah, data yang kami punya kerusakannya tinggal sekitar 200 kilometer," kata Kepala Dinas DPUR Pandeglang Asep Rahmat saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (18/8/22).

"Jalan kabupaten dari 723 kilometer sekitar 200 kilometer berarti kalau dipersentasekan 65 persen mantap sisanya tidak mantap," tambahnya.

Asep mengatakan selama lima tahun sekali ada pemuktahiran ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Pandeglang naik level menjadi milik Provinsi Banten. Ia mengatakan saat ini Pemkab mengusulkan 17 titik ruas jalan ke Pemprov Banten.

"Kami juga mengusulkan beberapa jalan kabupaten untuk naik statusnya menjadi jalan provinsi ada 17 ruas, tapi yang di-acc tidak tahu berapa," ungkapnya.

Selain mengajukan permohonan kepada Pemprov Banten, Pemkab mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat program hibah jalan daerah (PHJD).

"Kami juga sudah bersurat ke pusat, kami mengajukan permohonan agar pembangunan jalan kabupaten dapat dibantu oleh pusat melalui penangan hibah jalan daerah, itu sudah kami usulkan. Dan ibu bupati juga menyampaikan langsung ke pak menteri pada saat groundbreaking exit tol Panimbang," terangnya.

Asep mengatakan dengan kondisi anggaran yang terbatas. Menurutnya, hal itu berpengaruh pada pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan oleh Pemkab Pandeglang.

"Secara global bukan hanya penanganan jalan. Saya sampaikan bahwa fiskal kabupaten Pandeglang sangat terbatas. Sehingga sedikit banyak tentunya berpengaruh bukan hanya ke jalan, tapi ke pembangunan infrastruktur dan kegiatan-kegiatan lainnya," katanya.

Diketahui, pada 2022, DPUR Pandeglang tengah menangani jalan sepanjang 50 kilometer. "Untuk tahun ini kami menyelesaikan penanganan jalan sepanjang 50 kilometer," katanya.

Lihat juga video 'Hindari Lubang, Pengendara Motor Tercebur ke Parit di Jaktim':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT