ADVERTISEMENT

Agar Banjir Tak Terulang di Cibinong, BPBD Bersihkan Gorong-gorong

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 11:26 WIB
BPBD Kabupaten Bogor membersihkan gorong-gorong agar Cibinong tak lagi banjir.
BPBD Kabupaten Bogor membersihkan gorong-gorong agar Cibinong tak lagi banjir (dok. BPBD Kabupaten Bogor)
Kabupaten Bogor -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor membersihkan gorong-gorong yang diduga sebagai penyebab banjir di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, beberapa hari lalu. Hasilnya, sejumlah sampah diangkat dari gorong-gorong tersebut.

"Ada tiga tutup toren besar yang diangkat dari dalam gorong-gorong serta ranjau sampah," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko kepada wartawan, Kamis (18/8/2022).

Namun, menurutnya, permukaan situ di sekitar lokasi sudah tinggi. Anak sungai menuju Situ Cikaret juga harus dinormalisasi untuk mengurangi risiko banjir.

"Hanya memang permukaan air Situ Kabantenan juga sudah tinggi, dan anak sungai yang mengarah ke Situ Cikaret harus dinormalisasi," ujarnya.

Sejak tadi malam banjir masih menggenangi 60 rumah di Perumahan Mutiara Hijau Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar). (M Sholihin/detikcom)Banjir menggenangi 60 rumah di Perumahan Mutiara Hijau Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (M Sholihin/detikcom).

Aris mengatakan normalisasi rencananya akan dilakukan pada September nanti oleh BKSDA Jawa Barat (Jabar). Dia berharap aliran sungai tersebut bisa segera dinormalisasi. Sebab, situ di wilayah Kecamatan Cibinong, menurutnya, penting dalam pengendalian banjir.

"Kalau BKSDA Jabar selaku pengelola situ, menurut mereka, insyaallah bulan September ini. Situ-situ di wilayah Cibinong ini sangat besar manfaatnya dalam pengendalian banjir," bebernya.

Seperti diketahui, banjir sempat menggenangi 60 rumah di Perumahan Mutiara Hijau Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Warga menduga banjir terjadi karena gorong-gorong tersumbat di dekat pembangunan hotel.

"Saya yakin banget soal penyebab banjir karena sampah di gorong-gorong saluran air di pembangunan hotel. Sebelum-sebelumnya nggak pernah banjir, saya sudah 12 tahun di sini, warga juga sama dan nggak pernah banjir. Ini banjir karena gorong-gorong dekat itu jadi tempat buang sampah bangunan," kata Wakil Ketua RT 05 RW 09, Kelurahan Pakansari, Ali, ketika ditemui wartawan, Selasa (16/8).

Dia mengatakan rencana pembersihan gorong-gorong itu terhambat.

"Kemarin sebenarnya kami dipanggil rapat di kantor Sekretaris Daerah dan berjanji bahwa hari ini akan ambil semua sampah di gorong-gorong hari ini. Tetapi sayangnya tadi malam hujan dan banjir lagi di sini, jadi memang belum sempat mereka ambil sampah di gorong-gorong," tambahnya.

Lihat juga video 'Dramatis! Evakuasi Korban Longsor di Cilacap yang Alami Stroke':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT