ADVERTISEMENT

Pria Tangerang Dipasung Keluarga di Gubuk Mirip Kandang Kambing

Khairul Ma'arif - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 11:02 WIB
Viral pria di Pasar Kemis Tangerang di pasung oleh keluarga.
Pria dipasung di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. (dok. Dinas Sosial Kabupaten Tangerang)
Tangerang -

Viral di media sosial seorang pria ditelantarkan dan dipasung di gubuk yang mirip seperti kandang kambing di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Pria itu disebut dipasung oleh keluarga sendiri.

Dari video yang dilihat detikcom, Kamis (18/8/2022), pria tersebut tampak kurus. Gubuk yang ditinggalinya sangat gelap dan ukurannya kecil.

Gubuk yang ditinggalinya terbuat dari bahan bambu atau triplek. Gubuk tersebut berdiri di tempat terpisah dari permukiman warga.

Tampak dari video yang beredar di medsos, gubuk itu berada di sebuah perkebunan. Dalam video tersebut, pria yang ditelantarkan ini memakai baju bermotif bunga-bunga berwarna biru muda.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang Azis Gunawan saat dimintai konfirmasi membenarkan kejadian tersebut di Pasar Kemis. Ia menyebut pihaknya sudah melakukan pengecekan ke lokasi.

Menurutnya, pria tersebut ditempatkan di gubuk itu karena dipasung oleh keluarganya sendiri. Korban dipasung karena mengalami gangguan jiwa.

"Camat dan pihak desa sudah turun dan ngecek ke lapangan. Klaim korban, orang tua yang berpisah, dan kurang perhatian. Sehingga mengkonsumsi obat-obatan. Sehingga akhirnya mengalami gangguan jiwa. Sehingga dipasung oleh keluarganya," katanya saat dihubungi, Kamis (18/8/2022).

Viral pria di Pasar Kemis Tangerang di pasung oleh keluarga.Pria di Pasar Kemis Tangerang dipasung oleh keluarga. (Foto: dok. Dinas Sosial Kabupaten Tangerang)

Azis menduga pria tersebut dipasung karena kondisinya ODGJ. Menurutnya, usia pria tersebut sekitar 20 tahun. Sedangkan identitasnya belum diketahui.

"Mungkin namanya tidak normal kali ya. Memang begitu di keluarga kalau udah mentok urusan keluarga, sering terjadi begitu. Kita tetap memanusiakan ke depan kan. Belum tahu (namanya). Sekitar 20 tahun lebihlah," tambahnya.

Ia tidak mengetahui secara pasti sudah berapa lama pria tersebut dipasung. Namun, pria tersebut belum terlalu lama tinggal di situ.

"Persisnya saya belum konfirmasi ya (dipasung berapa lama). Yang pasti baru beberapa hari aja ditempatkan di situ," jelasnya.

Lihat juga video 'Dinsos Jatim Bebaskan 13 Korban Pasung di Trenggalek Lalu Dikirim ke RSJ':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT