ADVERTISEMENT

Anies Resmikan Galeri Huni Jakhabitat untuk Promosi Rumah Susun

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 21:13 WIB
Anies Baswedan resmikan Jakhabitat
Anies Baswedan resmikan Jakhabitat (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Integrasi Program dan Galeri Huni Jakhabitat yang berada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Anies mengatakan program ini mengintegrasikan seluruh layanan perumahan dan permukiman terjangkau di Jakarta.

Acara itu berlangsung di Taman Martha Tiahahu Blok M, Jakarta Selatan, pada Selasa (16/8/2022). Anies awalnya mengatakan Pemprov DKI Jakarta memiliki sejumlah program penyediaan hunian layak bagi warganya, dari penyediaan rusunawa, penyediaan rusunami penataan kampung, hingga pembangunan pembangunan hunian transit oriented development atau TOD.

"Program itu kemudian sekarang diintegrasikan menjadi sebuah kesatuan sebagaimana juga transportasi umum," kata Anies dalam sambutannya, Selasa (16/8/2022).

Selain meresmikan Galeri Huni, Anies meluncurkan logo Jakhabitat. Anies menjelaskan, logo itu berbentuk tiga anak panah yang mengarah ke atas terinspirasi dari Mbaru Niang, rumah adat dari NTT.

Sedangkan filosofi dari logo itu ialah menyiapkan hunian bagi keluarga maupun individu untuk tumbuh kembang.

"Ini inspirasinya dari rumah tradisional di Manggarai Barat yang bernama Mbaru Niang, bersusun juga, Jakhabitat bersusun juga. Artinya, Jakarta ke depan huniannya harus vertikal. Naik ke atas, tidak bisa lagi melebar karena lebarnya Jakarta tidak bisa ditambah, dan ukuran Jakarta 600 kmĀ² tidak bisa ditambah, tapi kalau naik ke atas kita masih punya ruang, karena itu rumah rumahnya pun diharapkan nanti vertikal," jelasnya.

"Itulah sebabnya kenapa kita susun sebagai sebuah rangkaian ke atas yang harapannya nanti program hunian di Jakarta menggunakan konsep rumah vertikal," tambahnya.

Mantan Menteri Pendidikan itu meyakini integrasi program ini dapat memberi solusi memudahkan warga mengakses perumahan serta permukiman terjangkau. Nantinya, Jakhabitat bisa diakses melalui aplikasi bernama Sirukim.

"Jadi ini harapannya Jakhabitat menjadi integrasi untuk solusi perumahan dan pemukiman lalu aksesnya melalui sebuah aplikasi yang bernama Sirukim dan ada sebuah galeri untuk masyarakat bisa melihat seperti apa yang nanti disiapkan oleh pemerintah bagi masyarakat, unit-unit yang tersedia," jelasnya.

Sebagai informasi, galeri yang memiliki luas 209 meter persegi itu akan difungsikan sebagai pusat integrasi pemasaran aset atau properti Jakhabitat, seperti hunian DP nol rupiah, hunian terjangkau TOD, rusunawa, dan permukiman lainnya.

Galeri Huni ini dilengkapi oleh peta integrasi agar masyarakat Jakarta bisa mengakses informasi detail mengenai ragam hunian terjangkau yang bisa dibeli atau disewa fasilitas di dalamnya. Di samping itu, warga bisa mengakses kontak sales marketing hingga aplikasi pendaftarannya secara langsung.

Galeri Huni memiliki sejumlah fasilitas, di antaranya tangga akses menuju rooftop, rooftop Galeri Huni, ruang informasi pemasaran hingga show unit hunian.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT